We will never know the real answer, before you try

Jumat, 07 Maret 2014

Hubungan International BAB 4



BAB 4
A.
Pilihan Ganda
1.e 2.e 3.c 4.b 5.a 6.c 7.a 8.a 9.b  10.e
B.
Esai
1.Hubungan internasional memiliki implikasi hak dan kewajiban negara yang melakukan hubungan karena hubungan internasional diperlukan demi kepentingan nasional yangmeliputi kepentingan ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan keamanan, dankedaulatan wilayah. Konsep kepentingan nasional merupakan dasar untukmenjelaskan perilaku luar negeri suatu negara. Kepentingan nasional juga dapatdijelaskan sebagai suatu tujuan fundamental dan faktor penentu akhir yangmengarahkan para pembuat keputusan dari suatu negara dalam merumuskankebijakan luar negerinya. Selain itu, hubungan internasional berdampak pada hak dankewajiban negara tersebut guna memelihara perdamaian dunia yang meliputipenyelesaian konflik secara damai, dan membuat perjanjian damai.
 
2.Menurut hemat saya, diplomasi yang dilakukan oleh Indonesia untuk memperbaikicitra bangsa Indonesia di mata internasional adalah Indonesia harus bersifat netral,terlepas dari nilai-nilai apakah bermoral atau tidak bermoral. Penggunaan dan nilai-nilai diplomasi harus sesuai dengan tujuan, kemampuan, dan kemahiran pelaksanaan.Maka kementerian luar negeri, kedutaan besar, atau konsulat yang mewakili negaraperlu melakukan pendekatan-pendekatan persuasif dengan negara-negara yang akandiadakan kerja sama. Mereka harus membangun citra atau image yang baik tentangIndonesia.

3.Yang dilakukan negara Indonesia untuk melindungi kepentingan negaranya adalahIndonesia sebaiknya menolak keterlibatan atau ketergantungan terhadap pihak luaryang dapat mengurangi kedaulatan Indonesia. Indonesia perlu memiliki sikap tegasterhadap kebijakan internasional tersebut. Selain itu, Indonesia juga bisa menentangsegala bentuk kebijakan yang merugikan Indonesia sendiri.

4.Peranan ASEAN dalam penyelesaian masalah internasional saat ini sebagai berikut:a.ASEAN Regional Forum (ARF)Keanggotaan ARFsemakin meluas, mulai dari 10 negara ASEAN, Amerika Seritak,Australia, RRC, India, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Selandia Baru, Rusia, danUni Eropa, serta Papua Niugini dan Mongolia, sebagai peninjau ARF. Dalam ARFASEAN tetap memegang peranan penting. Tujuan dari ARF ini adalahmeningkatkan kerja sama politik dan keamanan di Asia Pasifik.b.ASEAN memelopori Perjanjian Persahbatan dan Kerja sama di Asia Tenggara (TAC.Pada kesempatan ini, Jepang dan Pakistan juga turut menandatangani PerjanjianPersahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara (TAC) pada tanggal 2 Juli 2004.Para Menteri Luar Negeri ASEAN dalam komunike bersama mendorong negara-negara non-Asia Tenggara lailn turut menandatangani TAC.c.Peranan ASEAN dalam masalah Asia TimurASEAN hanya dapat melakukan lobi-lobi dan diplomasi dalam momen pentingnegara-negara ASEAN seperti KTT Asia-Afrika dan pertemuan-pertemuan lainnya.d.Menyelesaikan persoalan ASEAN Vegetables Oil Club (AVOC)Persoalan AVOC antara Indonesia dan Malaysia yang mengatur kesepakatan ahrgaminyak kelapa sawit menjadi keruh, karena tudingan melakukan praktek karteldan melanggar kesepakatan perdagangan bebas. Sebenarnya dalam perdanganbebas harga ditentukan mekanisme pasar. Antara asosiasi minyak sawit Indonesiadengan Malaysia tidak ada upaya mengatur harga.

5.Yang saya ketahuai tentang WTO adalah salah satu organisasi antarpemerintah yanganggotanya terdiri dari delegasi resmi pemerintah negara-negara yang berhubungandengan perdagangan dunia. Dampaknya terhadap Indonesia, lewat organisasiperdagangan dunia, berbagai produk yang dihasilkan oleh Indonesia dapat dipasarkanatau dikenal di luar negeri. Semakin banyak orang mengenal kekayaan Indonesia danbanyak investor ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Selain itu, banyak produk-produk dari luar negeri bebas diperdagangkan di Indonesia. Namun di sisi lain, denganadanya era perdagangan dunia ini, produk-produk Indonesia kadang-kadang kalahsaing dengan produk-produk dari luar negeri. Dan juga orang-orang Indonesia mulaimerasa gengsi kalau menggunakan produk dalam negeri. Mereka merasa menggunakanproduk luar negeri lebih bermutu daripada produk dalam negeri. Jadi pengaruh WTOdi satu sisi membawa dampak positif tetapi di sisi lain membawa dampak negatif.

Mohon maaf jika jawaban kurang tepat/ salah karna belum terbukti 100% !!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar