We will never know the real answer, before you try

Minggu, 22 Desember 2013

Mengelola Dan Mencetak Dokumen



KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Syukur Alhamdulillah kami Panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan taufiq serta hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Sholawat serta salam atas junjungan Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukan dan mengarahkan umat manusia pada kebenaran dan kebajikan.
Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekuranganya oleh karena itu saran dan kritik sangat kami harapkan.
Akhirnya kami berharap makalah ini dapat bermanfaat khusunya bagi kami dan bagi teman-teman semua.

PENDAHULUAN
            Disini kami akan menjelaskan tentang cara-cara mengelola dan mencetak dokumen  menggunakan microsoft word.

v Mengelola Dan Mencetak Dokumen
Disini kami akan menjelaskan langkah-langkah mengelola dokumen dengan baik dan benar.
Ø Membuat Bullets

·           Silakan sorot atau seleksi teks yang akan diberikan bullet.
·           Kemudian pilih ribbon Home dan pilih Bullet pada Group Paragraph.
·           Pilih salah satu bullet sesuai dengan keinginan anda, atau anda juga bisa memilih Define New Bullet untuk memlihat berbagai bullet dengan kebutuhan anda.
·           Kemudian klik salah satu bullet.
·           Maka secara otomatis bullet akan muncul pada opsi penulisan anda.

Ø Membuat Numbering

·           Sorot/ seleksi teks yang akan diberikan numbering.
·           Kemudian pilih menu ribbon Home.
·           Klik Numbering pada Group Paragraph.
·           Maka secara otomatis numberring akan muncul pada opsi penulisan anda.



Ø Membuat Multilevel List

·           Sorot paragraf / teks yang akan diberikan multilevel list.
·           Kemudian pada menu Home klik Multilevel List pada grup Paragarph. Atau anda bisa mengklik Define New Multilevel List untuk pengaturan lebih lanjut.
·           Atur Multilevel List sesuasi dengan keinginan anda. Kemudian klik Ok.

Ø Membuat Border  and Shanding

·           Sorot atau seleksi paragraf yang akan diberi border.
·           Kemudian klik ribbon Home.
·           Setelah itu klik tanda panah pada ikon border (Grup Paragraph)
·           Pilih Borders and Shading.
·           Pilih jenis border yang anda inginkan.
·           Kemudian klik OK.

Ø Membuat Page Border

·           Pada Page Layout tab, Page Background grup, klik Page Borders.
·           Akan muncul Page Border tab pada kotak dialog Borders and Shading.
·           Di bagian Setting, pilih bentuk bingkai yang diinginkan.
·           Buat pengaturan pada Style,Color,WidthArt
·           Selanjutnya buat pengaturan pada Apply to.
·           Untuk merubah bingkai halaman: pada Page Layout tab, Page Background grup,  klik Page Borders. Buat perubahan yang diinginkan pada Page Border tab.
·           Untuk menghapus bingkai halaman: pada Page Layout tab, Page Background grup, klik Page Borders. Untuk menghapus seluruhnya, di bagian Setting, klik None. Untuk menghapus sisi tertentu saja, klik tombol bingkai di bagian Preview.

Ø Membuat Watermark

·           Pilih Page Layout – Watermark.
·           Selanjutnya pilih Custom Watermark.
·           Di kotak dialog Printed Watermark. Pilih option Picture Watermark , klik tombol Select Picture.
·           Pilih salah satu gambar di komputer yang akan dijadikan background halaman dokumen word.
·           Di kotak dialog Printed Watermark, atur scale sesuai yang diiginkan, dalam contoh scale 200%.
·           Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini

Ø Membuat Tabulasi

·           Pada horizontal ruler klik ,aktifkan dua tabulasi tergantung kebutuhan (jika aktif ditandai dengan tanda siku)
·           Ketik halaman judul, selanjutnya klik kanan pada lembar kerja, pilih Paragraph.
·           Pilih Tabs.
·         Pilih 14,76 pada "Tab stop position" (sesuaikan dengan tab stop yang anda buat)
Pada bagian leader pilih 2.Klik Set OK.
·         Setelah kursor berada di bagian belakang halaman judul, tekan spasi (di keyboard)
akan muncul garis titik-titik tekan spasi sekali lagi akan pindah ke tab stop berikutnya, ketik nomor halaman tekan enter untuk pindah baris.
·         Ketik halaman pengesahan,letakkan kurso di bagian belakang halaman pengesahan, tekan spasi 2 kali  seperti pada langkah 5.
·         lakukan langkah 5 berulang pada baris berikutnya.




Ø Menggabungkan Dua Dokumen Atau  Lebih

·         "Tab Sisip" memungkinkan Anda menggabungkan dokumen dengan mudah.

·         Temukan "Objek", tekan segitiga kecil di sampingnya, lalu klik "Text from file.
·         Setelah itu, Anda dapat memilih berkas yang akan digabungkan ke dokumen yang aktif. Dengan menekan terus Ctrl untuk memilih lebih dari satu dokumen.

Ø Mencari Teks ( Kata )

·         Munculkan dialog pencarian dengan cara mengakses melalui toolbar Find yang ada di menu tab Home atau langsung mengaktifkan melalui keyboard shortcut CTRL+F.
·         Ketikan kata atau kalimat yang akan anda cari. Misalkan pada gambar contoh pencarian di bawah ini rangkaian kata yang hendak dicari adalah cara mencari kata.
·         Selanjutnya tekan Enter atau klik tombol Find Next, untuk menemukan kata yang dimaksud.
·         Bila masih belum menemukan apa yang anda cari, klik tombol Find Next berulang kali untuk mencari kata-kata tersebut di dalam dokumen.
·         Bila pencarian telah kembali lagi ke posisi semula tempat anda melakukan pencarian dan anda masih belum menemukan apa yang anda cari, Microsoft Word akan memberitahukan kepada anda bahwa pencarian sudah dilakukan di dokumen.
Ø Mengganti Teks ( Kata )

·         Tekan tomboll CTRL + H (atau mengklik Replace pada ribbon Home di grup Editing) untuk membuka tab Replace pada kotak dialog Find and Replace.


·         Ketik teks yang ingin diganti di kotak Find what, misalnya: plastic. Setelah itu pada bagian Replace with: dengan: plastik.
·         Selanjutnya, lakukan salah satu dari hal berikut ini: Klik Find Next, Klik Replace, Klik Replace All.
·         Jika mengklik Replace All, maka akan ada informasi teks atau kata yang ditemukan, lalu klik OK.
·         Setelah itu klik Close, maka kata plastic yang ada di dokumen tadi telah berubah menjadi plastik
·         Seandainya terjadi kesalahan dalam mengganti teks, tekan CTRL + Z, untuk membatalkan perintah Replace atau Replace All.

Ø Menuju Halaman Tertentu

·         Munculkan dialog Find and Replace dengan cara Tekan tombol keyboard CTRL+G.
·         Selanjutnya pilih item Pagepada daftar Go to what.
·         Pada kotak Enter Page Number isikan nomor halaman yang ingin anda buka.
·         Lalu tekan tombol ENTER atau klik tombol Go To.
·         Anda sudah berada pada halaman yang anda inginkan.

Ø Berpindah ke Halaman Baru

·         Munculkan dialog Find and Replace dengan cara Tekan tombol keyboard CTRL+G.
·         kemudian pada daftar Go to what pilih item Section.
·         Ketikan nomor section yang ingin anda buka pada kotak Enter Section Number.
·         Tekan tombol enter atau klik tombol Go To.
·         Anda sudah berada pada halaman dengan section yang anda inginkan.

Ø Menyiapkan Nomor Halaman

·         Klik Insert.
·         Kemudian klik Page Number.
·         Kemudian pilih posisi nomor (anda bisa melihat petunjuk gambar di bawah ini).


Ø Membuat Header dan Footer

1.   Membuat Header
·           Klik menu ribbon Insert.
·           Kemudian klik Header.
·           Setelah itu pilih salah satu header yang anda inginkan.
·           Kemudian ketik informasi yang ingin di tampilkan.
·           Kemudian Close header.

2.    Membuat Footer
·           Klik menu ribbon Insert.
·           Kemudian pilih Footer.
·           Setelah itu pilih salah satu footer yang anda inginkan.
·           Kemudian ketik informasi yang ingin di tampilkan.
·           Kemudian Close footer.

Ø Mencetak ke Printer

·           Buka perintah print dengan kombinasi tombol Ctrl+P pada keyboard atau perintah print yang ada pada jendela program Ms Word anda.
·           Atur terlebih dahulu pengaturan ukuran kertas pada printer properties agar sesuai dengan ukuran kertas pada dokumen anda.
·           Perhatikan pada Page Range :
a.         Pilih current page : untuk mencetak halaman dimana kursor sedang aktif.
b.         Pilih Pages : untuk mencetak halaman halaman yang anda pilih.
·           Setelah itu anda juga harus mengatur berapa lembar yang harus dicetak pada tiap-tiap halaman dengan dengan memasukkan angka pada number of copies.
·           Jika sudah klik OK, maka printer akan mencetak halaman yang telah diatur tadi.




PENUTUP
      
       Semoga apa yang telah kita kerjakan ini membuahkan manfaat bagi kita dan bagi khasanah ilmu pengetahuan.
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai materi tentang pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih  banyak kekurangan dan kelemahannya, karena terbatasnya ilmu pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Kami ucapkan terima kasih.
Wassalam’mualikum  Wr.Wb

DAFTAR PUSTAKA
http://duniagus.blogspot.com/2008/07/mengenal-microsoft-word.html
http://www.homeandlearn.co.uk/MW/WordStartScreen.htm
http://gandolanet.wordpress.com/2010/01/27/insert-image-di-ms-office-word-2007/
http://reyusanova.blogspot.com/2011/01/microsoft-word-2007.html
http://www.ilmu komputer.com

                                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar