BAHASA INDONESIA
MEMBUAT
PROPOSAL IZIN KEGIATAN HARI BUMI 22 APRIL
PERINGATAN HARI BUMI
PENGHIJAUAN KEMBALI LINGKUNGAN YANG GERSANG
22
APRIL 2014
1. Latar Belakang
Tidak perdulinya masyarakat akan
lingkungan sekitar bukanlah hal yang baru – baru ini muncul dipermukaan. Kita
tentu sudah mendengar bahwa lingkungan yang bersih tentu juga dapat membuat
tubuh kita menjadi sehat. Namun banyak masyarakat tidak menyadarinya, atau
bahkan mereka mengetahui hal tersebut namun tidak mempunyai kepedulian.
Kami sangat menyadari pentingnya
lingkungan yang bersih yang tentunya dapat menjadikan Negara kita menjadi lebih
sehat. Oleh karena itu kami mengajak seluruh siswa SMA yang berada berada di
kota samarinda agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang telah kami
selengggarakan, yaitu melakukan perbesihan lingkungan hidup yang terdapat di
wilayah padat penduduk, serta melakukan suatu kerja nyata yaitu, melakukan
penghijauan di beberapa jalan yang terkenal padat lalu lintas.
Penghijauan tersebut dilakukan untuk
dapat mengurangi sedikit dampak dari emisi bahan bahar fosil dan debu-debu
serta asap kendaraan.
Dengan diberikannya surat ini, kami
selaku panitia mengharapkan kepada pihak sekolah yang bersangkutan agar dapat
berpartisipasi dan mau mengirimkan siswa dan sisiwinya.
2. Bentuk Kegiatan
a) Melakukan pembersihan pada beberapa
tempat didaerah padat penduduk
b) Penghijauan dibeberapa tempat yang
padat lalu lintas
c) Penghijauan didaerah atau wilayah
yang tandus
d) Penanaman tanaman dan perawatan
tanaman hijau
3. Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
Hari
: Selasa, 22
April 2014
Waktu
: Pukul 07.00 S.D
15.00 WITA
Tempat :
Stadion Segiri, Jl. Kusuma Bangsa, Samarinda
4. Target
Dapat dihadiri
oleh seluruh siswa kelas 1 dan 2 seluruh
SMA yang terdapat Samarinda.
5. Penyelenggaraan
Panitia penyelenggaraan
- ketua :
- sekretaris :
- anggota :
Panitia pengarah
-ketua :
-Sekretaris :
- anggota :
6. Susuna Acara
waktu
|
Kegiatan
|
07.00 –
07.40 WITA
|
Upacara
apel
|
07.40 –
09.00 WITA
|
Seminar
lingkungan hidup
|
09.00 –
09.30 WITA
|
Istirahat
|
09. 30 –
11.30 WITA
|
Penghijauan
dibeberapa tempat padat lalu lintas
|
11.30 –
12.00 WITA
|
Makan
siang
|
12.00 –
14.00 WITA
|
Membersihkan
lingkungan padat penduduk
|
14.00 –
14.30 WITA
|
Berkumpual
kembali di stadion segiri
|
7. Kontraprestasi
Bagi siswa dan siswi yang menghadiri
acara ini, diberikan secara Cuma – Cuma sebuah buku yang berjudul “Cintai
Lingkungan” dan Pakaian yang bertuliskan “Hijaukan lingkunganmu dari sekarang”
8. Penutup
Dengan diberikannya surat
pemberitahuan ini,diharapkan kepada pengurus sekolah agar dapat memberikan izin
kepada siswa dan siswi yang bersangkutan agar dapat mengikuti acara tersebut.Terima
Kasih
Ketua
Penyelenggara
Sekretaris
...............................
.....................................
Menyetujui
...............................................
BAHASA INGGRIS
MEMBUAT
MAKALAH HAZARDOUS
Classification Hazardous
Hazardous
waste is waste that poses substantial or potential threats to public health or
the environment. In the United States, the treatment, storage and disposal of
hazardous waste is regulated under the Resource Conservation and Recovery Act
(RCRA). Hazardous wastes are defined under RCRA in 40 CFR 261 where they are
divided into two major categories: characteristic wastes and listed wastes.
Characteristic hazardous wastes are
materials that are known or tested to exhibit one or more of the following four
hazardous traits:
1. Flammable
2. Reactivity
3. Corrosivity
4. toxicity
Listed
hazardous wastes are materials specifically listed by regulatory authorities as
a hazardous waste which are from non-specific sources, specific sources, or
discarded chemical products.
The
requirements of RCRA apply to all the companies that generate hazardous waste
as well as those companies that store or dispose of hazardous waste in the
United States. Many types of businesses generate hazardous waste. For example,
dry cleaners, automobile repair shops, hospitals, exterminators, and photo
processing centers may all generate hazardous waste. Some hazardous waste
generators are larger companies such as chemical manufacturers, electroplating
companies, and oil refineries.
These
wastes may be found in different physical states such as gaseous, liquids, or
solids. A hazardous waste is a special type of waste because it cannot be
disposed of by common means like other by-products of our everyday lives.
Depending on the physical state of the waste, treatment and solidification
processes might be required.
Worldwide,
The United Nations Environmental Programme(UNEP) estimated that more than 400
million tons of hazardous wastes are produced universally each year, mostly by
industrialized countries (schmit, 1999). About 1- percent of this total is
shipped across international boundaries, with the majority of the transfers
occurring between countries in the Organization for the Economic Cooperation
and Development(OECD) (Krueger, 1999). Some of the reasons for industrialized
countries to ship the hazardous waste to industrializing countries for disposal
are the rising cost of disposing hazardous waste in the home country.
Klasifikasi
Hazardous
Limbah berbahaya adalah
limbah yang menimbulkan ancaman besar atau potensial terhadap kesehatan
masyarakat atau lingkungan . Di Amerika Serikat , pengobatan , penyimpanan dan
pembuangan limbah berbahaya diatur dalam Konservasi Sumber Daya dan Recovery
Act ( RCRA ) . Limbah berbahaya yang didefinisikan di dalam RCRA dalam 40 CFR
261 di mana mereka dibagi menjadi dua kategori utama : Limbah karakteristik dan
limbah terdaftar
Karakteristik limbah berbahaya adalah bahan yang diketahui atau diuji untuk menunjukkan satu atau lebih dari empat sifat berbahaya berikut :
1. mudah terbakar
2. reaktivitas
3. korosivitas
4. Kebisaan
Karakteristik limbah berbahaya adalah bahan yang diketahui atau diuji untuk menunjukkan satu atau lebih dari empat sifat berbahaya berikut :
1. mudah terbakar
2. reaktivitas
3. korosivitas
4. Kebisaan
Limbah berbahaya tercantum adalah bahan khusus tercantum oleh pihak berwenang sebagai limbah berbahaya yang berasal dari sumber-sumber non - spesifik , sumber tertentu, atau produk kimia dibuang .
Persyaratan RCRA berlaku untuk semua perusahaan yang menghasilkan limbah berbahaya serta perusahaan-perusahaan yang menyimpan atau membuang limbah berbahaya di Amerika Serikat . Banyak jenis usaha menghasilkan limbah berbahaya . Sebagai contoh, pembersih kering , bengkel mobil , rumah sakit , pembasmi hama , dan pusat-pusat pengolahan foto mungkin semua menghasilkan limbah berbahaya . Beberapa penghasil limbah berbahaya adalah perusahaan besar seperti produsen kimia , perusahaan electroplating , dan kilang minyak .
Limbah ini dapat ditemukan dalam keadaan fisik yang berbeda seperti gas , cairan , atau padatan . Sebuah limbah berbahaya adalah tipe khusus dari sampah karena tidak dapat dibuang dengan cara yang sama seperti produk samping lainnya dari kehidupan kita sehari-hari . Tergantung pada keadaan fisik limbah , pengolahan dan pembekuan proses mungkin dibutuhkan.
Di seluruh dunia, The United Nations Environmental Programme ( UNEP ) memperkirakan bahwa lebih dari 400 juta ton limbah berbahaya yang diproduksi secara universal setiap tahun , sebagian besar oleh negara-negara industri ( schmit , 1999) . Sekitar 1 - persen dari total ini dikirim melintasi batas internasional , dengan sebagian besar transfer yang terjadi antara negara-negara dalam Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan ( OECD ) ( Krueger , 1999 ) Beberapa alasan untuk negara-negara industri . untuk kapal limbah berbahaya ke negara-negara industrialisasi untuk pembuangan adalah meningkatnya biaya membuang limbah berbahaya di dalam negeri
MATEMATIKA
MEMBUAT
MAKALAH STATISTIKA
Pengertian Dasar Statistika
Coba kalian perhatikan perilaku para
pelayan toko yang sehari- harinya
melayani pembeli dan mencatat setiap transaksi yang terjadi. Demikian pula
pada saat pelayan
tersebut telah selesai
dengan tugasnya pada
hari itu, dia
akan merekap hasil
penjualan yang diperolehnya. Misalnya, hari ke-1, pelayan
itu mampu mencatat hasil penjualan senilai
Rp500.000,00, hari ke-2 Rp550.000,00, hari ke-3
Rp700.000,00, dan seterusnya.
Pencatatan itu dilakukan setiap hari
hingga pada akhir bulan dia mampu
memperoleh kumpulan angka-angka dalam bentuk nominal rupiah.
Dari kumpulan angka-angka
itu, pelayan toko
dapat mengetahui penjualan
terendah, penjualan tertinggi, atau rata-rata
penjualannya.
Statistika
Berdasarkan uraian di atas, sebenar-
nya pelayan toko itu telah menggunakan statistika untuk
menyusun, mengelompokkan, dan
menilai suatu kejadian dengan memerhatikan
angka-angka yang dia
catat. Adapun ilmu tentang cara
mengumpulkan, menabulasi, mengelompokan
informasi, menganalisis, dan
mencari keterangan yang
berarti tentang informasi yang berupa angka-angka itu disebut
statistika.
Populasi dan Sampel
Misalnya, seorang
peneliti akan mengadakan
penelitian tentang mata pelajaran yang paling disenangi oleh
siswa-siswa SMA 10. Dalam penelitian
itu, populasinya adalah seluruh siswa
SMA 10, sedangkan
sampel yang diteliti
dapat diambil dari
beberapa siswa kelas X, kelas XI, atau kelas XII yang dianggap dapat mewakili populasinya. Kesimpulan yang
diperoleh dari sampel itu
digeneralisasikan pada populasinya.
Dari contoh tersebut dapat dikatakan
bahwa populasi adalah keseluruhan
objek yang akan diteliti, sedangkan sampel adalah sebagian
atau keseluruhan populasi
yang dianggap mewakili
populasinya.
Datum dan Data
Perhatikan kembali perilaku pelayan
toko di atas. Pelayan toko tersebut
setiap harinya mencatat
hasil rekap penjualan
sehingga diperoleh angka-angka Rp500.000,00, Rp550.000,00, Rp700.000,00, dan seterusnya. Hasil rekap
pada suatu hari yang dinyatakan dalam
bentuk angka, misalnya Rp500.000,00 disebut datum, sedangkan kumpulan hasil
rekap pada periode tertentu, misalnya
selama satu bulan disebut data.
Dengan demikian, kita dapat mengatakan bahwa datum adalah keterangan yang diperoleh dari hasil pengamatan atau penelitian. Kumpulan da- tum-datum itu disebut data. Jadi, bentuk jamak dari datum disebut data. Data yang berupa bilangan disebut data kuantitatif, sedangkan data yang tidak berupa bilangan disebut data kualitatif, misalnya berupa lambang atau sifat. Data kuantitatif dibedakan menjadi dua macam.
Dengan demikian, kita dapat mengatakan bahwa datum adalah keterangan yang diperoleh dari hasil pengamatan atau penelitian. Kumpulan da- tum-datum itu disebut data. Jadi, bentuk jamak dari datum disebut data. Data yang berupa bilangan disebut data kuantitatif, sedangkan data yang tidak berupa bilangan disebut data kualitatif, misalnya berupa lambang atau sifat. Data kuantitatif dibedakan menjadi dua macam.
· Data diskret (cacahan), yaitu
data yang diperoleh dengan cara
mencacah atau menghitungnya, misalnya, data tentang banyak anak dalam keluarga.
· Data
kontinu (ukuran),
yaitu data yang diperoleh dengan cara mengukur,
misalnya data tentang
luas tanah, data
tentang berat badan, dan data tentang tinggi badan.
Untuk matematika
di SMA, statistika
yang kita pelajari adalah
statistika deskriptif, yaitu
bagian dari statistika
yang mempelajari cara
mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data
dalam bentuk diagram
atau kurva. Adapun bagian
dari statistika yang
mempelajari cara-cara untuk menarik kesimpulan dan
membuat ramalan dinamakan statistika inferensial
(infe- rential statistics)
atau statistika induktif. Statistika inferensial tidak dipelajari di sini, tetapi akan dipelajari
di tingkat yang lebih lanjut.
Penyajian Data
Suatu data statistik
dapat diperoleh di mana saja, bergantung
pada maksud dan tujuan penelitian yang dilakukan. Hendaknya, data yang
dikumpulkan adalah data yang akurat, terkini (up to date),
komprehensif (menyeluruh), dan memiliki kaitan dengan persoalan yang diteliti. Untuk itu, seorang
peneliti hendaknya memiliki perencanaan
yang baik, agar memperoleh hasil seperti
yang diharapkan. Jika seorang
peneliti ingin mengumpulkan
data yang diperlukan,
ada beberapa cara
yang dapat ditempuh
untuk mendapatkannya, antara lain
dengan wawancara, angket atau kuesioner,
dan pengamatan atau observasi.
Membaca data dalam
bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive Menyajikan data
dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta
penafsirannya Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran
data serta penafsirannya
Sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram
lingkaran, dan diagram batang Mengidentifikasi nilai suatu data yang
ditampilkan pada tabel dari diagram Ukuran pemusatan rataan, modus, median
Ukuran penyebaran, Ukuran penyebaran, jangkauan, jangkauan, simpangan, simpangan, kuartil, kuartil, variansi, variansi, dan dan
simpangan simpangan baku
Data dalam bentuk
diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya Menafsirkan
data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive Ukuran letak
kuartil, desil, diagram lingkaran, diagram batang, ogive, histogram, rataan
modus, median. kuartil, desil, persentil, jangkauan simpangan kuartil,
variansi, simpangan baku
Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram
Statistika adalah
cabang dari matematika terapan yang mempunyai cara-cara, maksudnya mengkaji/membahas, mengumpulkan,
dan menyusun data, mengolah dan
menganalisis data, serta menyajikan data dalam bentuk kurva atau
diagram, menarik kesimpulan, menafsirkan parameter, dan menguji hipotesa yang
didasarkan pada hasil pengolahan data.
Contoh: statistik
jumlah lulusan siswa SMA dari tahun ke tahun,
statistik jumlah kendaraan yang melewati suatu jalan, statistik
perdagangan antara negara-negara di
Asia, dan sebagainya.
Diagram Garis
Penyajian data statistik dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus
disebut diagram garis lurus atau diagram
garis. Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data statistik yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari
waktu ke waktu secara berurutan. Sumbu X menunjukkan waktu-waktu pengamatan,
sedangkan sumbu Y menunjukkan nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu.
Kumpulan waktu dan pengamatan
membentuk titik-titik pada bidang XY,
selanjutnya kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi dihubungkan dengan
garis lurus sehingga akan diperoleh diagram garis atau grafik garis. Untuk lebih jelasnya,
perhatikan contoh soal berikut.
Contoh soal Fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar
AS dari tanggal 18 Februari 2008 sampai
dengan tanggal 22 Februari 2008 ditunjukkan oleh tabel sebagai berikut. Tanggal
Kurs Beli Kurs Jual 18/2 19/2 20/2 21/2 22/2
·
Rp. 9.091 Rp. 9.093 Rp. 9.128 Rp. 9.181 Rp. 9.185 Rp.
9.220
·
Rp. 9.123 Rp. 9.129 Rp. 9.215 Rp. 9.221
Nyatakan data di atas dalam bentuk
diagram garis. Penyelesaian Jika digambar
dengan menggunakan diagram garis adalah sebagai berikut. Fluktuasi nilai
tukar rupiah terhadap dolar AS
·
9.100 9.200 9.300 9.400 9.500
·
9.091 9.093 9.183 9.185
·
9.128 9.123 9.129 9.220 9.215 9.221
Kurs Beli Kurs Jual
·
18/2
·
19/2
·
20/2
·
21/2
·
22/2
Diagram Lingkaran Diagram lingkaran
adalah penyajian data statistik dengan
menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Bagian-bagian dari daerah
lingkaran menunjukkan bagianbagian atau persen dari keseluruhan. Untuk membuat
diagram lingkaran, terlebih dahulu
ditentukan besarnya persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan
besarnya sudut pusat sektor lingkaran. Perhatikan contoh
berikut ini.
Contoh soal Ranah privat (pengaduan)
dari koran Solo Pos pada tanggal 22
Februari 2008 ditunjukkan seperti tabel berikut.
No 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14.
Ranah Privat CPNS/Honda/GTT
Perbaikan/pembangunan/gangguan jalan Masalah lingkungan/ kebersihan
Kesehatan/PKMS/Askeskin Lalu lintas/penertiban jalan Revitalisasi/budaya Jawa Parkir
Pekat/penipuan/preman Persis/olahraga PKL/bangunan liar PLN dan PDAM Provider HP Tayangan
TV/radio/koran Lain-lain Jumlah
Persentase 5% 9% 6% 3% 6% 20 % 3% 7% 10 % 2% 2% 7% 3%
17 % 100 %
Nyatakan data di atas dalam bentuk
diagram lingkaran. Penyelesaian Sebelum data
pada tabel di atas disajikan dengan diagram lingkaran, terlebih dahulu
ditentukan besarnya sudut dalam
lingkaran dari data tersebut. 1. 2. 3. 4. 5. 6.
5 CPNS/Honda/GTT = 100 × 360° = 18° 9
Perbaikan/pembangunan/gangguan jalan = 100 ×
360° = 32,4° 6 Masalah lingkungan/kebersihan = 100 × 360° = 21,6° 3 Kesehatan/PKMS/Askeskin = 100 × 360° = 10,8°
6 Lalu lintas/penertiban jalan = 100 × 360° = 21,6° 20 Revitalisasi/budaya Jawa
= 100 × 360° = 72°
BIOLOGI
MEMBUAT
MAKALAH KUPU-KUPU (
Appias libythea )
Kupu-kupu (
Appias libythea )
Kupu-kupu merupakn kelompok serangga yang mengalami
metamorfosis lengkap. Ini berarti bahwa ada perubahan drastis dalam bentuknya
selama siklus hidup mereka yang melewati tahap telur, larva, pupa dan dewasa.
Kupu-kupu biasanya bertelur pada daun dari tanaman yang mereka makan ulat.
kupu-kupu, meletakkan telur pada jelatang, kubis, brussel sprout atau
anggota tanaman lain yang bisa memberikan sumber makanan kepada telur kupu-kupu
yang telah menetas (larva).
Ketika ulat menetas dari telur, mereka akan makan
terus-menerus pada daun tanaman yang menjadi rumah sekaligus sumber kehidupan
mereka untuk bermetamorfosis dengan menggigit potongan potongan daun dengan
rahang mereka. Dalam jumlah besar mereka dapat menyebabkan kerusakan yang luas
untuk tanaman.
Dalam rangka untuk tumbuh, ulat harus berulang kali
menumpahkan lapisan luar 'kulit' mereka (kutikula) dan memperluas tubuh mereka
sebelum kutikula mengeras. Setelah beberapa moults, ulat mencapai ukuran penuh
dan bermigrasi dari tanaman pangan ke posisi yang terlindung, misalnya dinding
atau cabang dari semak-semak. Di sini ulat akan melindungi dengan kulit terluar
mereka setelah meras cukup besar dari hasil memakan dedaunan untuk menjadi pupa
(kepompong ). Pada beberapa spesies, ulat juga membentuk kepompong sutra itu
sendiri sebelum memasuki putaran pupating. Tahap kepompong menjadi fase
'beristirahat' atau bertapa tetapi secara internal organ larva sedang
dibubarkan dan diganti dengan struktur dari sebuah kupu-kupu dewasa, meskipun
masih terbatas dalam hal ini didalam kepompong.
Kupu-kupu akhirnya membagi kutikula kepompong dan
muncul. Sayapnya masih lemah dan mudah sobek ketika pertama kali keluar dari
kepompong sehingga mereka harus terlebih dahulu menunggu agar sayap mereka
mengembang dan mengeras sebelum bisa terbang.
Bentuk kupu-kupu ada di kontras lengkap dengan yang
larva yang memunculkan untuk itu. Ada dua pasang sayap, tiga pasang mata kaki,
antena dan senyawa. Metode pemberian pakan juga benar-benar berbeda dari ulat.
Bagian mulut berbentuk tabung (belalai) yang bisa digulung di bawah kepala saat
kupu-kupu tidak makan. Selama makan, kupu-kupu terlepas dari gulungannya dalam
proboscis dan menggunakannya untuk menyelidiki bunga dalam rangka untuk
menyedot nektar yang dikeluarkan bunga, sebelum akhirnya mereka harus
mengeluarkan telur dan meneruskan garis keturunan mereka sebelum akhirnya
mereka harus mati. berikut penjelasan satu persatu mengenai siklus kupu -
kupu mulai dari telor sampai menjadi kupu - kupu dewasa.
Setelah kawin, betina bertelur di batch 6-100,
biasanya pada bagian bawah daun tanaman dalam keluarga kubis di mana mereka
terikat oleh sekresi lengket. Telur agak berbentuk botol, kuning atau oranye
dengan pola bergaris di permukaannya Ini berisi kuning telur, memelihara larva
yang berkembang, dan sebuah lubang kecil, mikropil, di bagian atas, yang
mengaku sperma ketika telur dibuahi di saluran telur betina dan yang sekarang
memungkinkan udara untuk mencapai embrio. Dalam cuaca yang hangat, setelah
sekitar seminggu menetas telur dan larva ulat makan kecil yang disebut jalan
keluar dari kulit telur dan melahap sisa-sisa mereka. Kulit telur mereka,
memang, tampaknya cukup penting untuk perkembangan lebih lanjut mereka.
Selanjutnya, mereka makan daun kubis, menggigit potongan dengan
jawsCaterpillars mereka. Tubuh ulat adalah silinder dan kuning dengan tanda
hitam. Ini terdiri dari kepala dan segmen tiga belas. Pada kepala yang
menggigit rahang yang bergerak melintang, dan sepasang antena kecil. Di dalam
kepala sepasang kelenjar ludah bentuk organ penghasil sutra, dan proyek saluran
mereka dalam tabung, alat pemintal, di belakang rahang. Cairan disekresi oleh
kelenjar melewati alat pemintal dan mengeras di udara untuk membentuk benang
sutra. Ulat menggunakan ini untuk menempelkan dirinya sendiri ketika berjalan
di sebuah mensekresi, permukaan licin jejak zigzag benang yang menempel pada
permukaan dan dapat dicengkeram oleh kaki. Mata ocelli sederhana, tiga di
setiap sisi. Mereka terdiri dari lensa tunggal dengan cahaya-sensitif sel di
bawahnya. Sangat mungkin bahwa mereka dapat mendeteksi hanya perbedaan antara
terang dan gelap dan tidak dapat membentuk gambar.
Tiga pertama segmen tubuh sesuai dengan dada orang dewasa dan sepuluh sisanya menjadi bagian perutnya. Ada ventilator di kedua sisi segmen toraks pertama dan delapan pertama segmen perut. Setiap segmen toraks menanggung sepasang bersendi "benar" kaki dengan cakar di akhir. Ini sesuai dengan kaki orang dewasa. Yang ketiga untuk segmen keenam perut beruang sepasang unjointed, proyeksi berdaging dengan deretan kait kecil di akhir. Ini disebut proleg dan tidak hadir pada orang dewasa. Segmen terakhir beruang sepasang claspers mirip dengan proleg.
Tiga pertama segmen tubuh sesuai dengan dada orang dewasa dan sepuluh sisanya menjadi bagian perutnya. Ada ventilator di kedua sisi segmen toraks pertama dan delapan pertama segmen perut. Setiap segmen toraks menanggung sepasang bersendi "benar" kaki dengan cakar di akhir. Ini sesuai dengan kaki orang dewasa. Yang ketiga untuk segmen keenam perut beruang sepasang unjointed, proyeksi berdaging dengan deretan kait kecil di akhir. Ini disebut proleg dan tidak hadir pada orang dewasa. Segmen terakhir beruang sepasang claspers mirip dengan proleg.
.
Ketika telah mencapai ukuran penuh ulat daun kubis dan tanaman bermigrasi ke tempat yang kering terlindung seperti dinding atau pohon. Ini menempel secara vertikal pada bagian paling atas kepala, dan dada menempel untuk itu dengan berputar korset sutra. Its tubuh lebih pendek dan membengkak di daerah dada, membelah kutikula larva terakhir menuruni kembali setelah sekitar dua hari. Dengan kontraksi ritmis dari tubuh itu mendorong dari kutikula lama. Pada segmen terakhir telah membentuk kelompok kait, cremaster, dan ketika kutikula adalah gudang jangkar kait ke pad sutra ulat yang sebelumnya berputar.Apa yang muncul dari ini ecdysis larva terakhir ini disebut pupa, atau chrysalis Hal ini pucat dan lembut pada awalnya, tetapi mengeras dan menggelapkan, sering kurang cocok dengan warna latar belakang. Dari penampilan pupa jelas bahwa sebelum akhir rontok, perubahan ekstensif telah terjadi, karena garis besar dari kaki orang dewasa, moncong pendek, mata dan
Ketika telah mencapai ukuran penuh ulat daun kubis dan tanaman bermigrasi ke tempat yang kering terlindung seperti dinding atau pohon. Ini menempel secara vertikal pada bagian paling atas kepala, dan dada menempel untuk itu dengan berputar korset sutra. Its tubuh lebih pendek dan membengkak di daerah dada, membelah kutikula larva terakhir menuruni kembali setelah sekitar dua hari. Dengan kontraksi ritmis dari tubuh itu mendorong dari kutikula lama. Pada segmen terakhir telah membentuk kelompok kait, cremaster, dan ketika kutikula adalah gudang jangkar kait ke pad sutra ulat yang sebelumnya berputar.Apa yang muncul dari ini ecdysis larva terakhir ini disebut pupa, atau chrysalis Hal ini pucat dan lembut pada awalnya, tetapi mengeras dan menggelapkan, sering kurang cocok dengan warna latar belakang. Dari penampilan pupa jelas bahwa sebelum akhir rontok, perubahan ekstensif telah terjadi, karena garis besar dari kaki orang dewasa, moncong pendek, mata dan
sayap dapat dilihat pada kutikulanya.
Selama dua atau tiga minggu mendatang pupa tetap lebih atau kurang bergerak, tapi di dalamnya organ larva sedang dicerna pergi dan sel yang tetap aktif mulai berkembang biak dan menimbulkan organ dewasa. Pada akhir periode ini kulit kepompong perpecahan di punggung dan serangga dewasa menarik sendiri keluar dari kulit. Sayap kusut dan dilipat pada tahap ini, tetapi darah dipaksa mereka menuruni "urat" dan mereka memperluas dan akhirnya mengeras dan kering.
Tubuh imago terdiri dari dada, kepala yang berbeda dan perut. Tidak ada kaki pada perut, tetapi melekat pada thorax adalah dua pasang sayap dan tiga pasang kaki. Di kepala dua besar, mata majemuk yang terdiri dari sekitar enam ribu lensa terpisah dengan sel-sel peka cahaya di bawah mereka. Mata majemuk diperkirakan untuk membentuk gambar yang cukup berbeda dari objek dekat dan sangat sensitif terhadap gerakan.
Di kepala ada dua antena panjang yang menanggung organ penciuman. Dalam pengertian ini ngengat sangat akut, tetapi dalam kupu-kupu itu kurang penting, mungkin karena hari-terbang mereka kebiasaan.Bekantan terdiri dari dua proses yang panjang, beralur sepanjang permukaan batin mereka sehingga ketika mereka ditempatkan bersama-sama mereka membentuk tabung melalui mana nektar dari bunga dapat disedot. Bila tidak digunakan belalai akan digulung kebawah kepala.
Dua pasang sayap di dada adalah luas dan didukung oleh jaringan "urat". Mereka tertutup dengan sisik kecil yang memberikan pola karakteristik dan warna sayap, sebagian dengan cara mereka mencerminkan dan menyerap cahaya sesuai dengan sudut mereka, tetapi sebagian besar karena pigmen yang dikandungnya. Kedepan-sayap tumpang tindih belakang-sayap, sehingga dalam penerbangan kedua pasangan bergerak bersama-sama. Kupu-kupu beristirahat sayap mereka sering mengadakan vertikal di atas tubuh mereka, sementara sisanya kebanyakan ngengat dengan sayap terentang.
Kaki terdiri dari sembilan segmen: dua yang pertama, coxa dan trokanter sangat pendek, dua berikutnya, femur dan tibia yang panjang, dan ada lima sendi pendek di kaki atau tarsus. Pada beberapa spesies pasangan terakhir dari kaki beruang organ rasa di tarsi, dan kupu-kupu akan mengorak belalainya jika kaki dicelupkan ke dalam larutan gula atau jus buah.Dada ditutupi dengan "rambut" atau setae. Ini adalah hadir pada tubuh semua serangga. Dalam struktur mereka cukup berbeda dengan rambut mamalia dan mereka memiliki organ sensitif dari sentuhan di basis mereka.
Kupu-kupu dewasa tertarik pada bunga dengan penglihatan mereka dan bau, mereka makan dengan cara menghisap nektar dari nectaries melalui belalai panjang. Kupu-kupu yang diyakini dapat membedakan warna, tetapi tidak semua spesies sama-sama sensitif terhadap warna yang sama. Mata besar berwarna putih yang sangat sensitif terhadap warna merah dan ungu.Laki-laki biasanya tertarik pada perempuan dengan aroma yang ia memancarkan. Dia berdebar bulat dan merangsang dengan aroma nya yang berasal dari daerah kelenjar tertentu di bawah sisik pada sayap. Dia mencengkeram wanita dengan claspers pada akhir perut dan melewati saluran telur nya sperma ke dalam. Setelah itu dia akan meletakkan telur yang dibuahi pada tanaman makanan larva.
Selama dua atau tiga minggu mendatang pupa tetap lebih atau kurang bergerak, tapi di dalamnya organ larva sedang dicerna pergi dan sel yang tetap aktif mulai berkembang biak dan menimbulkan organ dewasa. Pada akhir periode ini kulit kepompong perpecahan di punggung dan serangga dewasa menarik sendiri keluar dari kulit. Sayap kusut dan dilipat pada tahap ini, tetapi darah dipaksa mereka menuruni "urat" dan mereka memperluas dan akhirnya mengeras dan kering.
Tubuh imago terdiri dari dada, kepala yang berbeda dan perut. Tidak ada kaki pada perut, tetapi melekat pada thorax adalah dua pasang sayap dan tiga pasang kaki. Di kepala dua besar, mata majemuk yang terdiri dari sekitar enam ribu lensa terpisah dengan sel-sel peka cahaya di bawah mereka. Mata majemuk diperkirakan untuk membentuk gambar yang cukup berbeda dari objek dekat dan sangat sensitif terhadap gerakan.
Di kepala ada dua antena panjang yang menanggung organ penciuman. Dalam pengertian ini ngengat sangat akut, tetapi dalam kupu-kupu itu kurang penting, mungkin karena hari-terbang mereka kebiasaan.Bekantan terdiri dari dua proses yang panjang, beralur sepanjang permukaan batin mereka sehingga ketika mereka ditempatkan bersama-sama mereka membentuk tabung melalui mana nektar dari bunga dapat disedot. Bila tidak digunakan belalai akan digulung kebawah kepala.
Dua pasang sayap di dada adalah luas dan didukung oleh jaringan "urat". Mereka tertutup dengan sisik kecil yang memberikan pola karakteristik dan warna sayap, sebagian dengan cara mereka mencerminkan dan menyerap cahaya sesuai dengan sudut mereka, tetapi sebagian besar karena pigmen yang dikandungnya. Kedepan-sayap tumpang tindih belakang-sayap, sehingga dalam penerbangan kedua pasangan bergerak bersama-sama. Kupu-kupu beristirahat sayap mereka sering mengadakan vertikal di atas tubuh mereka, sementara sisanya kebanyakan ngengat dengan sayap terentang.
Kaki terdiri dari sembilan segmen: dua yang pertama, coxa dan trokanter sangat pendek, dua berikutnya, femur dan tibia yang panjang, dan ada lima sendi pendek di kaki atau tarsus. Pada beberapa spesies pasangan terakhir dari kaki beruang organ rasa di tarsi, dan kupu-kupu akan mengorak belalainya jika kaki dicelupkan ke dalam larutan gula atau jus buah.Dada ditutupi dengan "rambut" atau setae. Ini adalah hadir pada tubuh semua serangga. Dalam struktur mereka cukup berbeda dengan rambut mamalia dan mereka memiliki organ sensitif dari sentuhan di basis mereka.
Kupu-kupu dewasa tertarik pada bunga dengan penglihatan mereka dan bau, mereka makan dengan cara menghisap nektar dari nectaries melalui belalai panjang. Kupu-kupu yang diyakini dapat membedakan warna, tetapi tidak semua spesies sama-sama sensitif terhadap warna yang sama. Mata besar berwarna putih yang sangat sensitif terhadap warna merah dan ungu.Laki-laki biasanya tertarik pada perempuan dengan aroma yang ia memancarkan. Dia berdebar bulat dan merangsang dengan aroma nya yang berasal dari daerah kelenjar tertentu di bawah sisik pada sayap. Dia mencengkeram wanita dengan claspers pada akhir perut dan melewati saluran telur nya sperma ke dalam. Setelah itu dia akan meletakkan telur yang dibuahi pada tanaman makanan larva.
Mungkin ada dua atau lebih merenung selama musim.
Orang dewasa tidak bertahan musim dingin tetapi kepompong penetasan induk
terakhir dari telur pada musim gugur dapat melakukannya, di mana kasus pupation
berlangsung beberapa bulan sampai Mei berikut.
Kupu-kupu pada umumnya.
Kupu-kupu pada umumnya.
Sering, telur tidak diletakkan dalam batch, tapi sendiri-sendiri, meskipun hampir selalu pada tanaman makanan ulat. Beberapa kupu-kupu mereka menyebarkan telur secara acak atas padang rumput sementara di penerbangan. Banyak ulat, makan hanya satu spesies atau keluarga tanaman sementara yang lain bisa berada pada berbagai macam makanan. Sekitar separuh spesies Inggris kepompong seperti yang dijelaskan dalam rekening atas putih besar, tetapi sebagian besar lainnya menjadi kepompong menggantung ke bawah kepala dari cremaster, dan sebuah kepompong sutra berputar beberapa putaran sendiri sebelum ecdysis larva terakhir.
Di musim dingin sebagian besar kupu-kupu hibernate menjadi ulat, atau sebagai kepompong, beberapa sebagai telur, dan beberapa sebagai orang dewasa. namun sebagian besar kupu - kupu keluar menjadi dewasa pada saat musim panas dimulai dan bersembunyi ketika musim dingin atau musim hujan.
FISIKA
MEMBUAT
MAKALAH METODE GERAK DALAM ANALISIS VEKTOR
Metode Gerak dalam
analisis vektor
1. Gerak Lurus
A. Gerak lurus beraturan
Suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus beraturan jika kecepatannya selalu konstan. Kecepatan konstan artinya besar kecepatan alias kelajuan dan arah kecepatan selalu konstan. Karena besar kecepatan alias kelajuan dan arah kecepatan selalu konstan maka bisa dikatakan bahwa benda bergerak pada lintasan lurus dengan kelajuan konstan.
Grafik Gerak lurus beraturan ...
Grafik sangat membantu kita dalam menafsirkan suatu hal dengan mudah dan cepat. Untuk memudahkan kita menemukan hubungan antara Kecepatan, perpindahan dan waktu tempuh maka akan sangat membantu jika digambarkan grafik hubungan ketiga komponen tersebut.
A. Gerak lurus beraturan
Suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus beraturan jika kecepatannya selalu konstan. Kecepatan konstan artinya besar kecepatan alias kelajuan dan arah kecepatan selalu konstan. Karena besar kecepatan alias kelajuan dan arah kecepatan selalu konstan maka bisa dikatakan bahwa benda bergerak pada lintasan lurus dengan kelajuan konstan.
Grafik Gerak lurus beraturan ...
Grafik sangat membantu kita dalam menafsirkan suatu hal dengan mudah dan cepat. Untuk memudahkan kita menemukan hubungan antara Kecepatan, perpindahan dan waktu tempuh maka akan sangat membantu jika digambarkan grafik hubungan ketiga komponen tersebut.
Gambar
1 Gambar 2
Grafik kecepatan terhadap waktu ( Gambar 1 )
Berdasarkan grafik di atas, tampak bahwa besar kecepatan bernilai tetap pada tiap satuan waktu. Besar kecepatan tetap ditandai oleh garis lurus, berawal dari t = 0 hingga t akhir.
Grafik perpindahan terhadap waktu ( Gambar 2 )
Grafik posisi terhadap waktu, di mana posisi awal x0 berhimpit dengan titik acuan nol.
B. Gerak lurus berubah beraturan
Suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) jika percepatannya selalu konstan. Percepatan merupakan besaran vektor (besaran yang mempunyai besar dan arah). Percepatan konstan berarti besar dan arah percepatan selalu konstan setiap saat. Walaupun besar percepatan suatu benda selalu konstan tetapi jika arah percepatan selalu berubah maka percepatan benda tidak konstan. Demikian juga sebaliknya jika arah percepatan suatu benda selalu konstan tetapi besar percepatan selalu berubah maka percepatan benda tidak konstan.
dengan arti dan satuan dalam SI:
* v0 = kecepatan mula-mula (m/s)
* a = percepatan (m/s2)
* t = waktu (s)
2. Gerak melingkar
Dalam gerak lurus mengenal tiga besaran utama yaitu perpindahan (linear), kecepatan (linear) dan Percepatan (linear). Gerak melingkar juga memiliki tiga komponen tersebut, yaitu perpindahan sudut, kecepatan sudut dan percepatan sudut. Pada gerak lurus juga mengenal Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan. Dalam gerak melingkar juga terdapat Gerak Melingkar Beraturan (GMB) dan Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB).
Grafik kecepatan terhadap waktu ( Gambar 1 )
Berdasarkan grafik di atas, tampak bahwa besar kecepatan bernilai tetap pada tiap satuan waktu. Besar kecepatan tetap ditandai oleh garis lurus, berawal dari t = 0 hingga t akhir.
Grafik perpindahan terhadap waktu ( Gambar 2 )
Grafik posisi terhadap waktu, di mana posisi awal x0 berhimpit dengan titik acuan nol.
B. Gerak lurus berubah beraturan
Suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) jika percepatannya selalu konstan. Percepatan merupakan besaran vektor (besaran yang mempunyai besar dan arah). Percepatan konstan berarti besar dan arah percepatan selalu konstan setiap saat. Walaupun besar percepatan suatu benda selalu konstan tetapi jika arah percepatan selalu berubah maka percepatan benda tidak konstan. Demikian juga sebaliknya jika arah percepatan suatu benda selalu konstan tetapi besar percepatan selalu berubah maka percepatan benda tidak konstan.
dengan arti dan satuan dalam SI:
* v0 = kecepatan mula-mula (m/s)
* a = percepatan (m/s2)
* t = waktu (s)
2. Gerak melingkar
Dalam gerak lurus mengenal tiga besaran utama yaitu perpindahan (linear), kecepatan (linear) dan Percepatan (linear). Gerak melingkar juga memiliki tiga komponen tersebut, yaitu perpindahan sudut, kecepatan sudut dan percepatan sudut. Pada gerak lurus juga mengenal Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan. Dalam gerak melingkar juga terdapat Gerak Melingkar Beraturan (GMB) dan Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB).
* Perpindahan Sudut
Ada tiga cara menghitung sudut. Cara pertama adalah menghitung sudut dalam derajat (o). Satu lingkaran penuh sama dengan 360o. Cara kedua adalah mengukur sudut dalam putaran. Satu lingkaran penuh sama dengan satu putaran. Dengan demikian, satu putaran = 360o. Cara ketiga adalah dengan radian. Radian adalah satuan Sistem Internasional (SI) untuk perpindahan sudut, sehingga satuan ini akan sering kita gunakan dalam perhitungan.
*Kecepatan Sudut
Dalam gerak melingkar, bagian yang berbeda memiliki kecepatan yang berbeda. Misalnya gerak roda yang berputar. Bagian roda yang dekat dengan poros bergerak dengan kecepatan linear yang lebih kecil, sedangkan bagian yang jauh dari poros alias pusat roda bergerak dengan kecepatan linear yang lebih besar
Ada tiga cara menghitung sudut. Cara pertama adalah menghitung sudut dalam derajat (o). Satu lingkaran penuh sama dengan 360o. Cara kedua adalah mengukur sudut dalam putaran. Satu lingkaran penuh sama dengan satu putaran. Dengan demikian, satu putaran = 360o. Cara ketiga adalah dengan radian. Radian adalah satuan Sistem Internasional (SI) untuk perpindahan sudut, sehingga satuan ini akan sering kita gunakan dalam perhitungan.
*Kecepatan Sudut
Dalam gerak melingkar, bagian yang berbeda memiliki kecepatan yang berbeda. Misalnya gerak roda yang berputar. Bagian roda yang dekat dengan poros bergerak dengan kecepatan linear yang lebih kecil, sedangkan bagian yang jauh dari poros alias pusat roda bergerak dengan kecepatan linear yang lebih besar
Pada
gerak melingkar, kelajuan rotasi benda dinyatakan dengan putaran per menit
(biasa disingkat rpm – revolution per minute). Kelajuan yang
dinyatakan dengan satuan rpm adalah kelajuan sudut. Dalam gerak
melingkar, kita juga dapat menyatakan arah putaran. misalnya kita menggunakan
arah putaran jarum jam sebagai patokan. Oleh karena itu, kita dapat menyatakan
kecepatan sudut, di mana selain menyatakan kelajuan sudut, juga menyatakan
arahnya (ingat perbedaan kelajuan dan kecepatan, mengenai hal ini sudah
Gurumuda terangkan pada Pokok bahasan Kinematika). Jika kecepatan pada
gerak lurus disebut kecepatan linear (benda bergerak pada lintasan lurus),
maka kecepatan pada gerak melingkar disebut kecepatan sudut, karena benda
bergerak melalui sudut tertentu.
Terdapat
dua jenis kecepatan pada Gerak Lurus, yakni kecepatan rata-rata dan
kecepatan sesaat. Kita dapat mengetahui kecepatan rata-rata pada
Gerak Lurus dengan membandingkan besarnya perpindahan yang ditempuh oleh benda
dan waktu yang dibutuhkan benda untuk bergerak . Nah, pada gerak melingkar,
kita dapat menghitung kecepatan sudut rata-rata dengan
membandingkan perpindahan sudut dengan selang waktu yang dibutuhkan ketika
benda berputar. Secara matematis kita tulis :
Kecepatan sudut sesaat kita diperoleh dengan membandingkan perpindahan sudut dengan selang waktu yang sangat singkat. Secara matematis kita tulis :
Sesuai dengan kesepakatan ilmiah, jika ditulis kecepatan sudut maka yang dimaksud adalah kecepatan sudut sesaat. Kecepatan sudut termasuk besaran vektor. Vektor kecepatan sudut hanya memiliki dua arah (searah dengan putaran jarum jam atau berlawanan arah dengan putaran jarum jam), dengan demikian notasi vektor omega dapat ditulis dengan huruf miring dan cukup dengan memberi tanda positif atau negatif. Jika pada Gerak Lurus arah kecepatan sama dengan arah perpindahan, maka pada Gerak Melingkar, arah kecepatan sudut sama dengan arah perpindahan sudut.
*Percepatan Sudut
Dalam
gerak melingkar, terdapat percepatan sudut apabila ada perubahan kecepatan
sudut. Percepatan sudut terdiri dari percepatan sudut sesaat dan percepatan
sudut rata-rata. Percepatan sudut rata-rata diperoleh dengan
membandingkan perubahan kecepatan sudut dan selang waktu. Secara matematis
ditulis :
Percepatan sudut sesaat diperoleh dengan membandingkan perubahan sudut dengan selang waktu yang sangat singkat. Secara matematis ditulis :
3
.Gerak lurus dan gerak melingkar
Dalam
gerak melingkar, arah kecepatan linear dan percepatan linear selalu menyinggung
lingkaran. Karenanya, dalam gerak melingkar, kecepatan linear dikenal juga
sebagai kecepatan tangensial dan percepatan linear disebut juga sebagai percepatan
tangensial.
4. Gerak parabola (gerak peluru)
4. Gerak parabola (gerak peluru)
Gerak
peluru merupakan suatu jenis gerakan benda yang pada awalnya diberi kecepatan
awal lalu menempuh lintasan yang arahnya sepenuhnya dipengaruhi oleh gravitasi.
Karena
gerak peluru termasuk dalam pokok bahasan kinematika (ilmu fisika yang
membahas tentang gerak benda tanpa mempersoalkan penyebabnya), maka pada
pembahasan ini, Gaya sebagai penyebab gerakan benda diabaikan, demikian juga
gaya gesekan udara yang menghambat gerak benda. Kita hanya meninjau gerakan
benda tersebut setelah diberikan kecepatan awal dan bergerak dalam lintasan
melengkung di mana hanya terdapat pengaruh gravitasi.Mengapa dikatakan gerak
peluru ? kata peluru yang dimaksudkan di sini hanya istilah, bukan peluru
pistol, senapan atau senjata lainnya. Dinamakan gerak peluru karena mungkin
jenis gerakan ini mirip gerakan peluru yang ditembakkan.
KIMIA
MEMBUAT
MAKALAH TEORI ATOM DALTON
Teori Atom John Dalton. John Dalton, bapak teori atom
modern, mengembangkan teori atom pada awal abad kesembilan belas. Menurut dia,
semua unsur terbuat dari atom dan kemurnian dari sebuah unsur dikaitkan dengan
kehadiran atom serupa.
Meskipun teori-teori awal tentang
atom yang diusulkan oleh Democritus dan Aristoteles, teori pertama diterima
diusulkan oleh John Dalton. John Dalton (1766 – 1844), seorang ahli kimia
Inggris, fisikawan, dan meteorologi, dihormati terutama karena kontribusinya
untuk teori atom modern dan buta warna. Itu adalah studi penelitian tentang
sifat atmosfer dan gas pada tahun 1803, yang membuatnya menyadari tentang
partikel (kemudian disebut atom) dan beratnya.
Pekerjaan awal John Dalton
John Dalton
memiliki minat yang kuat dalam meteorologi, dan melakukan studi ekstensif
tentang sifat gas atmosfer. Dia menemukan pembentukan senyawa dengan
menggabungkan oksigen dan karbon dioksida. Kemudian, John Dalton menerbitkan
tabel pertama pada berat atom relatif yang mencakup enam unsur, yaitu,
hidrogen, oksigen, karbon, nitrogen, fosfor, dan sulfur. Dia menyatakan berat
atom hidrogen menjadi 1. Itu tidak dikonfirmasi tentang bagaimana bobot atom
berasal .
Dalam buku catatan laboratorium
Dalton (tanggal September 1803), ia menunjukkan bahwa bobot relatif dari unsur
gas dapat diketahui dari studi senyawa lain, seperti air, karbon dioksida, dan
amonia. Dalam buku catatannya, unsur diwakili oleh simbol. Dia adalah orang
pertama yang mengusulkan gagasan untuk mengidentifikasi suatu elemen dengan
simbolnya. Banyak kemudian, unsur mulai diwakili oleh singkatan mereka.
Misalnya, ‘H’ adalah singkatan dari unsur hidrogen. Makalah penelitian yang
sama diterbitkan pada tahun 1805.
Teori Atom oleh John Dalton
Keberadaan atom telah disebut oleh
banyak perintis lainnya sebelum John Dalton sebenarnya mengemukakan teori atom.
Namun, tidak ada penjelasan pada bagian berat atom. Sesuai dengan ceramah yang
diberikan oleh John Dalton pada tahun 1803 di Royal Institution (London), atom
salah satu unsur berbeda dari orang lain dengan unsur berat relatif mereka.
Berikut ini adalah beberapa poin penting yang diusulkan oleh John Dalton dalam
teori atom.
Semua unsur terbuat dari partikel-partikel kecil yang tak terpisahkan, yang dikenal sebagai atom.Atom dari unsur yang sama adalah identik sehubungan dengan ukuran, berat, dan sifat.Atom dari unsur yang berbeda satu sama lain dan dapat diidentifikasi dengan berat relatif mereka.Atom tidak dapat dibagi menjadi partikel yang lebih kecil atau dihancurkan.Reaksi kimia terjadi karena penataan ulang, kombinasi, atau pemisahan atom.Atom bergabung dalam rasio bilangan bulat seperti 1:1, 1:2, 2:3, dll. Atom-atom dari dua atau lebih elemen yang berbeda bergabung bersama untuk membentuk senyawa kimia
Semua unsur terbuat dari partikel-partikel kecil yang tak terpisahkan, yang dikenal sebagai atom.Atom dari unsur yang sama adalah identik sehubungan dengan ukuran, berat, dan sifat.Atom dari unsur yang berbeda satu sama lain dan dapat diidentifikasi dengan berat relatif mereka.Atom tidak dapat dibagi menjadi partikel yang lebih kecil atau dihancurkan.Reaksi kimia terjadi karena penataan ulang, kombinasi, atau pemisahan atom.Atom bergabung dalam rasio bilangan bulat seperti 1:1, 1:2, 2:3, dll. Atom-atom dari dua atau lebih elemen yang berbeda bergabung bersama untuk membentuk senyawa kimia
Teori Atom Dalton Berdasarkan pemikiran bahwa konsep
atom Democritus sesuai dengan Hukum Kekekalan Massa (berbunyi: massa zat
sebelum dan sesudah reaksi sama) dan Hukum Perbandingan Tetap (berbunyi:
perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa adalah tetap dan tertentu),
maka John Dalton tahun 1803 merumuskan 5 teori atom sebagai berikut.
a. Materi
tersusun atas partikel-partikel terkecil yang disebut atom.
b. Atom-atom
penyusun unsur bersifat identik (sama dan sejenis).
c. Atom
suatu unsur tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain.
d. Senyawa
tersusun atas 2 jenis atom atau lebih dengan perbandingan tetap dan tertentu.
e. Pada
reaksi kimia terjadi penataulangan atom-atom yang bereaksi. Reaksi kimia
terjadi karena pemisahan atom-atom dalam senyawa untuk kemudian bergabung
kembali membentuk senyawa baru.
Variasi atom dan molekul model
Dalton.
|
Pada 1808, John Dalton menerbitkan
daftar unsur bersama dengan berat atomnya dalam ‘New System of Chemical
Philosophy’, di mana dia menerima Royal Medal pada tahun 1826. Ia menyebut
massa unsur sebagai berat. Sejak itu, ahli kimia menggunakan baik ‘berat atom’
atau ‘massa atom’. Terlepas dari kenyataan bahwa ada beberapa kelemahan dalam
pekerjaannya (misalnya, ia menetapkan berat atom oksigen sebagai 7), John
Dalton adalah pelopor yang telah memberikan pandangan terobosan di untuk
percobaan berikutnya.
Dalam rangka untuk menghormati
karyanya, para ilmuwan disebut satu satuan massa atom sebagai ‘Dalton’
(disingkat Da) selama bertahun-tahun. Pada tahun 1886, Eugen Goldstein, seorang
fisikawan Jerman, menemukan partikel bermuatan positif dalam atom. Kemudian, JJ
Thomson, seorang fisikawan Inggris, menemukan elektron dengan menggunakan
tabung sinar katoda pada tahun 1897. Dalam bertentangan dengan asumsi John
Dalton bahwa atom tidak dapat dipisahkan, ia menyarankan bahwa atom terdiri
dari partikel yang lebih kecil.
Pada tahun 1911, Rutherford, seorang
mahasiswa Thomson, mengemukakan pandangan bahwa atom terdiri dari inti positif
padat di pusat (inti), dikelilingi oleh elektron. Dia bernama partikel positif
dalam inti sebagai proton, dan menyatakan bahwa proton yang lebih besar
daripada elektron dan membawa muatan sama dan berlawanan dengan elektron. Pada
tahun 1932, James Chadwick menemukan partikel netral dalam atom dan
menamakannya sebagai neutron.
Dalam model atom John Dalton, konsep
isotop dari suatu unsur tidak disebutkan. Mereka mewakili berbagai jenis atom
suatu unsur, yang memiliki massa atom yang berbeda namun memiliki sifat yang
mirip. Juga, bertentangan dengan apa yang telah dinyatakan sebelumnya Dalton,
menghancurkan atom adalah mungkin dengan bantuan reaksi nuklir. Dengan cara
ini, teori atom modern diuraikan beberapa tahun kemudian.
Kelebihan Teori Atom Dalton
- Dapat menerangkan Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier).
- Dapat menerangkan Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust).
Kelemahan Teori Atom Dalton
Dalam perkembangannya tidak semua teori atom Dalton
benar, karena pada tahun 1897 J.J.Thomson menemukan partikel bermuatan listrik
negatif yang kemudian disebut elektron. Tahun 1886 Eugene Goldstein menemukan
partikel bermuatan listrik positif yang kemudian disebut proton. Dan tahun 1932
James Chadwick berhasil menemukan neutron.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar