We will never know the real answer, before you try

Jumat, 11 April 2014

Kumpulan tugas semester ganjil 2013/2014



BAHASA INDONESIA
MEMBUAT
PROPOSAL IZIN KEGIATAN HARI BUMI 22 APRIL

PERINGATAN HARI BUMI
PENGHIJAUAN KEMBALI LINGKUNGAN YANG GERSANG
                                               22 APRIL 2014     

1. Latar Belakang
Tidak perdulinya masyarakat akan lingkungan sekitar bukanlah hal yang baru – baru ini muncul dipermukaan. Kita tentu sudah mendengar bahwa lingkungan yang bersih tentu juga dapat membuat tubuh kita menjadi sehat. Namun banyak masyarakat tidak menyadarinya, atau bahkan mereka mengetahui hal tersebut namun tidak mempunyai kepedulian.
Kami sangat menyadari pentingnya lingkungan yang bersih yang tentunya dapat menjadikan Negara kita menjadi lebih sehat. Oleh karena itu kami mengajak seluruh siswa SMA yang berada berada di kota samarinda agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang telah kami selengggarakan, yaitu melakukan perbesihan lingkungan hidup yang terdapat di wilayah padat penduduk, serta melakukan suatu kerja nyata yaitu, melakukan penghijauan di beberapa jalan yang terkenal padat lalu lintas.
Penghijauan tersebut dilakukan untuk dapat mengurangi sedikit dampak dari emisi bahan bahar fosil dan debu-debu serta asap kendaraan.
Dengan diberikannya surat ini, kami selaku panitia mengharapkan kepada pihak sekolah yang bersangkutan agar dapat berpartisipasi dan mau mengirimkan siswa dan sisiwinya.
2. Bentuk Kegiatan
a)      Melakukan pembersihan pada beberapa tempat didaerah padat penduduk
b)      Penghijauan dibeberapa tempat yang padat lalu lintas
c)      Penghijauan didaerah atau wilayah yang tandus
d)     Penanaman tanaman dan perawatan tanaman hijau
3. Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
Hari                  :           Selasa, 22 April  2014
Waktu              :           Pukul 07.00 S.D 15.00 WITA
Tempat            :           Stadion Segiri, Jl. Kusuma Bangsa, Samarinda

4. Target
Dapat dihadiri oleh seluruh siswa kelas 1 dan 2  seluruh SMA yang terdapat  Samarinda.

5. Penyelenggaraan
Panitia penyelenggaraan
- ketua                         :
- sekretaris                   :
- anggota                     :

Panitia pengarah
-ketua                          :
-Sekretaris                   :        
- anggota                     :         

6. Susuna Acara
waktu
Kegiatan
07.00 – 07.40 WITA
Upacara apel
07.40 – 09.00 WITA
Seminar lingkungan hidup
09.00 – 09.30 WITA
Istirahat
09. 30 – 11.30 WITA
Penghijauan dibeberapa tempat padat lalu lintas
11.30 – 12.00 WITA
Makan siang
12.00 – 14.00 WITA
Membersihkan lingkungan padat penduduk
14.00 – 14.30 WITA
Berkumpual kembali di stadion segiri
7. Kontraprestasi
Bagi siswa dan siswi yang menghadiri acara ini, diberikan secara Cuma – Cuma sebuah buku yang berjudul “Cintai Lingkungan” dan Pakaian yang bertuliskan “Hijaukan lingkunganmu dari sekarang”
8. Penutup
Dengan diberikannya surat pemberitahuan ini,diharapkan kepada pengurus sekolah agar dapat memberikan izin kepada siswa dan siswi yang bersangkutan agar dapat mengikuti acara tersebut.Terima Kasih


Ketua Penyelenggara                                                                             Sekretaris

...............................                                                                      .....................................


Menyetujui


                                                                  ...............................................
BAHASA INGGRIS
MEMBUAT
MAKALAH HAZARDOUS








Classification Hazardous
Hazardous waste is waste that poses substantial or potential threats to public health or the environment. In the United States, the treatment, storage and disposal of hazardous waste is regulated under the Resource Conservation and Recovery Act (RCRA). Hazardous wastes are defined under RCRA in 40 CFR 261 where they are divided into two major categories: characteristic wastes and listed wastes.
    Characteristic hazardous wastes are materials that are known or tested to exhibit one or more of the following four hazardous traits:
1.      Flammable
2.      Reactivity
3.      Corrosivity
4.      toxicity
Listed hazardous wastes are materials specifically listed by regulatory authorities as a hazardous waste which are from non-specific sources, specific sources, or discarded chemical products.
The requirements of RCRA apply to all the companies that generate hazardous waste as well as those companies that store or dispose of hazardous waste in the United States. Many types of businesses generate hazardous waste. For example, dry cleaners, automobile repair shops, hospitals, exterminators, and photo processing centers may all generate hazardous waste. Some hazardous waste generators are larger companies such as chemical manufacturers, electroplating companies, and oil refineries.
These wastes may be found in different physical states such as gaseous, liquids, or solids. A hazardous waste is a special type of waste because it cannot be disposed of by common means like other by-products of our everyday lives. Depending on the physical state of the waste, treatment and solidification processes might be required.
Worldwide, The United Nations Environmental Programme(UNEP) estimated that more than 400 million tons of hazardous wastes are produced universally each year, mostly by industrialized countries (schmit, 1999). About 1- percent of this total is shipped across international boundaries, with the majority of the transfers occurring between countries in the Organization for the Economic Cooperation and Development(OECD) (Krueger, 1999). Some of the reasons for industrialized countries to ship the hazardous waste to industrializing countries for disposal are the rising cost of disposing hazardous waste in the home country.




Klasifikasi Hazardous
Limbah berbahaya adalah limbah yang menimbulkan ancaman besar atau potensial terhadap kesehatan masyarakat atau lingkungan . Di Amerika Serikat , pengobatan , penyimpanan dan pembuangan limbah berbahaya diatur dalam Konservasi Sumber Daya dan Recovery Act ( RCRA ) . Limbah berbahaya yang didefinisikan di dalam RCRA dalam 40 CFR 261 di mana mereka dibagi menjadi dua kategori utama : Limbah karakteristik dan limbah terdaftar
            Karakteristik limbah berbahaya adalah bahan yang diketahui atau diuji untuk menunjukkan satu atau lebih dari empat sifat berbahaya berikut :
        1. mudah terbakar
        2. reaktivitas
        3. korosivitas
        4. Kebisaan

            Limbah berbahaya tercantum adalah bahan khusus tercantum oleh pihak berwenang sebagai limbah berbahaya yang berasal dari sumber-sumber non - spesifik , sumber tertentu, atau produk kimia dibuang .

            Persyaratan RCRA berlaku untuk semua perusahaan yang menghasilkan limbah berbahaya serta perusahaan-perusahaan yang menyimpan atau membuang limbah berbahaya di Amerika Serikat . Banyak jenis usaha menghasilkan limbah berbahaya . Sebagai contoh, pembersih kering , bengkel mobil , rumah sakit , pembasmi hama , dan pusat-pusat pengolahan foto mungkin semua menghasilkan limbah berbahaya . Beberapa penghasil limbah berbahaya adalah perusahaan besar seperti produsen kimia , perusahaan electroplating , dan kilang minyak .

            Limbah ini dapat ditemukan dalam keadaan fisik yang berbeda seperti gas , cairan , atau padatan . Sebuah limbah berbahaya adalah tipe khusus dari sampah karena tidak dapat dibuang dengan cara yang sama seperti produk samping lainnya dari kehidupan kita sehari-hari . Tergantung pada keadaan fisik limbah , pengolahan dan pembekuan proses mungkin dibutuhkan.

            Di seluruh dunia, The United Nations Environmental Programme ( UNEP ) memperkirakan bahwa lebih dari 400 juta ton limbah berbahaya yang diproduksi secara universal setiap tahun , sebagian besar oleh negara-negara industri ( schmit , 1999) . Sekitar 1 - persen dari total ini dikirim melintasi batas internasional , dengan sebagian besar transfer yang terjadi antara negara-negara dalam Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan ( OECD ) ( Krueger , 1999 ) Beberapa alasan untuk negara-negara industri . untuk kapal limbah berbahaya ke negara-negara industrialisasi untuk pembuangan adalah meningkatnya biaya membuang limbah berbahaya di dalam negeri
MATEMATIKA
MEMBUAT
MAKALAH STATISTIKA




                                                                           

Pengertian Dasar Statistika

            Coba kalian perhatikan perilaku para pelayan toko yang sehari-  harinya melayani pembeli dan mencatat setiap transaksi yang terjadi. Demikian  pula  pada  saat  pelayan  tersebut  telah  selesai  dengan  tugasnya  pada  hari  itu,  dia  akan  merekap  hasil  penjualan  yang  diperolehnya. Misalnya, hari ke-1, pelayan itu mampu mencatat hasil  penjualan senilai Rp500.000,00, hari ke-2 Rp550.000,00, hari ke-3  Rp700.000,00, dan seterusnya.

            Pencatatan itu dilakukan setiap hari hingga pada akhir bulan dia  mampu memperoleh kumpulan angka-angka dalam bentuk nominal  rupiah.  Dari  kumpulan  angka-angka  itu,  pelayan  toko  dapat  mengetahui penjualan terendah, penjualan tertinggi, atau rata-rata  penjualannya.

Statistika
            Berdasarkan uraian di atas, sebenar- nya pelayan toko itu telah menggunakan statistika  untuk  menyusun,  mengelompokkan, dan menilai suatu kejadian  dengan  memerhatikan  angka-angka  yang dia catat. Adapun ilmu tentang cara  mengumpulkan,  menabulasi,  mengelompokan  informasi,  menganalisis,  dan  mencari  keterangan  yang  berarti  tentang  informasi yang berupa angka-angka itu disebut statistika.

Populasi  dan Sampel
            Misalnya,  seorang  peneliti  akan  mengadakan  penelitian tentang mata pelajaran yang paling disenangi oleh siswa-siswa  SMA 10. Dalam penelitian itu, populasinya adalah seluruh siswa  SMA  10,  sedangkan  sampel  yang  diteliti  dapat  diambil  dari  beberapa siswa kelas X, kelas XI, atau kelas XII yang dianggap  dapat mewakili populasinya. Kesimpulan yang diperoleh dari  sampel itu digeneralisasikan pada populasinya.

            Dari contoh tersebut dapat dikatakan bahwa populasi adalah  keseluruhan objek yang akan diteliti, sedangkan sampel adalah  sebagian  atau  keseluruhan  populasi  yang  dianggap  mewakili  populasinya.
Datum dan Data
            Perhatikan kembali perilaku pelayan toko di atas. Pelayan  toko  tersebut  setiap  harinya  mencatat   hasil  rekap  penjualan  sehingga diperoleh angka-angka Rp500.000,00, Rp550.000,00,  Rp700.000,00, dan seterusnya. Hasil rekap pada suatu hari yang  dinyatakan dalam bentuk angka, misalnya Rp500.000,00 disebut datum, sedangkan kumpulan hasil rekap pada periode tertentu,  misalnya selama satu bulan disebut data.

            Dengan demikian, kita  dapat  mengatakan  bahwa  datum  adalah  keterangan  yang  diperoleh dari hasil pengamatan atau penelitian. Kumpulan da-  tum-datum  itu  disebut  data.  Jadi,  bentuk  jamak  dari  datum  disebut data. Data yang berupa bilangan disebut data kuantitatif, sedangkan  data  yang  tidak  berupa  bilangan  disebut  data  kualitatif, misalnya berupa lambang atau sifat. Data kuantitatif dibedakan menjadi dua macam.

·     Data diskret (cacahan), yaitu data yang diperoleh dengan  cara mencacah atau menghitungnya, misalnya, data tentang  banyak anak dalam keluarga.
·    Data kontinu (ukuran), yaitu data yang diperoleh dengan  cara  mengukur,  misalnya  data  tentang  luas  tanah,  data  tentang berat badan, dan data tentang tinggi badan.

Untuk  matematika  di  SMA,  statistika  yang  kita  pelajari  adalah  statistika  deskriptif,  yaitu  bagian  dari  statistika  yang  mempelajari cara mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan  data  dalam  bentuk  diagram  atau  kurva. Adapun  bagian  dari  statistika yang mempelajari cara-cara untuk menarik kesimpulan  dan  membuat  ramalan  dinamakan statistika  inferensial  (infe-  rential statistics) atau statistika induktif. Statistika inferensial tidak  dipelajari di sini, tetapi akan dipelajari di tingkat yang lebih lanjut.

Penyajian  Data

Suatu data statistik dapat diperoleh di mana saja, bergantung  pada maksud dan tujuan penelitian yang dilakukan. Hendaknya, data yang dikumpulkan adalah data yang akurat, terkini (up to date), komprehensif (menyeluruh), dan memiliki kaitan dengan  persoalan yang diteliti. Untuk itu, seorang peneliti hendaknya  memiliki perencanaan yang baik, agar memperoleh hasil seperti  yang diharapkan.  Jika  seorang  peneliti  ingin  mengumpulkan  data  yang  diperlukan,  ada  beberapa  cara  yang  dapat  ditempuh  untuk  mendapatkannya, antara lain dengan wawancara, angket atau  kuesioner, dan pengamatan atau observasi.

Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data serta penafsirannya
Sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran, dan diagram batang Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dari diagram Ukuran pemusatan rataan, modus, median Ukuran penyebaran, Ukuran penyebaran, jangkauan, jangkauan, simpangan, simpangan,  kuartil, kuartil, variansi, variansi, dan dan simpangan simpangan baku
Data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive Ukuran letak kuartil, desil, diagram lingkaran, diagram batang, ogive, histogram, rataan modus, median. kuartil, desil, persentil, jangkauan simpangan kuartil, variansi, simpangan baku
Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram
Statistika adalah cabang dari matematika terapan yang mempunyai cara-cara,  maksudnya mengkaji/membahas, mengumpulkan, dan menyusun data, mengolah dan  menganalisis data, serta menyajikan data dalam bentuk kurva atau diagram, menarik kesimpulan, menafsirkan parameter, dan menguji hipotesa yang didasarkan pada hasil  pengolahan data.
Contoh: statistik jumlah lulusan siswa SMA dari tahun ke tahun,  statistik jumlah kendaraan yang melewati suatu jalan, statistik perdagangan antara  negara-negara di Asia, dan sebagainya.
Diagram Garis Penyajian data statistik dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus disebut diagram garis lurus atau  diagram garis. Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data statistik  yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Sumbu X menunjukkan waktu-waktu pengamatan, sedangkan sumbu Y menunjukkan nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu.
           Kumpulan waktu dan pengamatan membentuk  titik-titik pada bidang XY, selanjutnya kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi dihubungkan dengan garis lurus sehingga akan diperoleh diagram garis atau  grafik garis. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh soal berikut.
           
Contoh soal  Fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dari tanggal 18 Februari 2008  sampai dengan tanggal 22 Februari 2008 ditunjukkan oleh tabel sebagai berikut. Tanggal Kurs Beli Kurs Jual 18/2 19/2 20/2 21/2 22/2
·        Rp. 9.091 Rp. 9.093 Rp. 9.128 Rp. 9.181 Rp. 9.185 Rp. 9.220
·        Rp. 9.123 Rp. 9.129 Rp. 9.215 Rp. 9.221
            Nyatakan data di atas dalam bentuk diagram garis. Penyelesaian Jika digambar  dengan menggunakan diagram garis adalah sebagai berikut. Fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS
·        9.100 9.200 9.300 9.400 9.500
·        9.091 9.093 9.183 9.185
·        9.128 9.123 9.129 9.220 9.215 9.221
Kurs Beli Kurs Jual
·        18/2
·        19/2
·        20/2
·        21/2
·        22/2
           
            Diagram Lingkaran Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan  menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagianbagian atau persen dari keseluruhan. Untuk membuat diagram  lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran. Perhatikan contoh
berikut ini.
            Contoh soal Ranah privat (pengaduan) dari koran Solo Pos pada tanggal  22 Februari 2008 ditunjukkan seperti tabel berikut.
No 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14.
Ranah Privat CPNS/Honda/GTT Perbaikan/pembangunan/gangguan jalan Masalah lingkungan/ kebersihan Kesehatan/PKMS/Askeskin Lalu lintas/penertiban jalan  Revitalisasi/budaya Jawa Parkir Pekat/penipuan/preman Persis/olahraga PKL/bangunan  liar PLN dan PDAM Provider HP Tayangan TV/radio/koran Lain-lain Jumlah
Persentase 5% 9% 6% 3% 6% 20 % 3% 7% 10 % 2% 2% 7% 3% 17 % 100 %
            Nyatakan data di atas dalam bentuk diagram lingkaran. Penyelesaian Sebelum data  pada tabel di atas disajikan dengan diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan  besarnya sudut dalam lingkaran dari data tersebut. 1. 2. 3. 4. 5. 6.
5 CPNS/Honda/GTT = 100 × 360° = 18° 9 Perbaikan/pembangunan/gangguan jalan = 100 ×  360° = 32,4° 6 Masalah lingkungan/kebersihan = 100 × 360° = 21,6° 3  Kesehatan/PKMS/Askeskin = 100 × 360° = 10,8° 6 Lalu lintas/penertiban jalan = 100 × 360° = 21,6° 20 Revitalisasi/budaya Jawa = 100 × 360° = 72°




BIOLOGI
MEMBUAT
MAKALAH KUPU-KUPU ( Appias libythea )








Kupu-kupu ( Appias libythea )

Kupu-kupu merupakn kelompok serangga yang mengalami metamorfosis lengkap. Ini berarti bahwa ada perubahan drastis dalam bentuknya selama siklus hidup mereka yang melewati tahap telur, larva, pupa dan dewasa. Kupu-kupu biasanya bertelur pada daun dari tanaman yang mereka makan ulat. kupu-kupu,  meletakkan telur pada jelatang, kubis, brussel sprout atau anggota tanaman lain yang bisa memberikan sumber makanan kepada telur kupu-kupu yang telah menetas (larva).


           

Ketika ulat menetas dari telur, mereka akan makan terus-menerus pada daun tanaman yang menjadi rumah sekaligus sumber kehidupan mereka untuk bermetamorfosis dengan menggigit potongan potongan daun dengan rahang mereka. Dalam jumlah besar mereka dapat menyebabkan kerusakan yang luas untuk tanaman.

Dalam rangka untuk tumbuh, ulat harus berulang kali menumpahkan lapisan luar 'kulit' mereka (kutikula) dan memperluas tubuh mereka sebelum kutikula mengeras. Setelah beberapa moults, ulat mencapai ukuran penuh dan bermigrasi dari tanaman pangan ke posisi yang terlindung, misalnya dinding atau cabang dari semak-semak. Di sini ulat akan melindungi dengan kulit terluar mereka setelah meras cukup besar dari hasil memakan dedaunan untuk menjadi pupa (kepompong ). Pada beberapa spesies, ulat juga membentuk kepompong sutra itu sendiri sebelum memasuki putaran pupating. Tahap kepompong  menjadi fase 'beristirahat' atau bertapa tetapi secara internal organ larva sedang dibubarkan dan diganti dengan struktur dari sebuah kupu-kupu dewasa, meskipun masih terbatas dalam hal ini didalam kepompong.



Kupu-kupu akhirnya membagi kutikula kepompong dan muncul. Sayapnya masih lemah dan mudah sobek ketika pertama kali keluar dari kepompong sehingga mereka harus terlebih dahulu menunggu agar sayap mereka mengembang dan mengeras sebelum bisa terbang. 



Bentuk kupu-kupu ada di kontras lengkap dengan yang larva yang memunculkan untuk itu. Ada dua pasang sayap, tiga pasang mata kaki, antena dan senyawa. Metode pemberian pakan juga benar-benar berbeda dari ulat. Bagian mulut berbentuk tabung (belalai) yang bisa digulung di bawah kepala saat kupu-kupu tidak makan. Selama makan, kupu-kupu terlepas dari gulungannya dalam proboscis dan menggunakannya untuk menyelidiki bunga dalam rangka untuk menyedot nektar yang dikeluarkan bunga, sebelum akhirnya mereka harus mengeluarkan telur dan meneruskan garis keturunan mereka sebelum akhirnya mereka harus mati.  berikut penjelasan satu persatu mengenai siklus kupu - kupu mulai dari telor sampai menjadi kupu - kupu dewasa.

Setelah kawin, betina bertelur di batch 6-100, biasanya pada bagian bawah daun tanaman dalam keluarga kubis di mana mereka terikat oleh sekresi lengket. Telur agak berbentuk botol, kuning atau oranye dengan pola bergaris di permukaannya Ini berisi kuning telur, memelihara larva yang berkembang, dan sebuah lubang kecil, mikropil, di bagian atas, yang mengaku sperma ketika telur dibuahi di saluran telur betina dan yang sekarang memungkinkan udara untuk mencapai embrio. Dalam cuaca yang hangat, setelah sekitar seminggu menetas telur dan larva ulat makan kecil yang disebut jalan keluar dari kulit telur dan melahap sisa-sisa mereka. Kulit telur mereka, memang, tampaknya cukup penting untuk perkembangan lebih lanjut mereka. Selanjutnya, mereka makan daun kubis, menggigit potongan dengan jawsCaterpillars mereka. Tubuh ulat adalah silinder dan kuning dengan tanda hitam. Ini terdiri dari kepala dan segmen tiga belas. Pada kepala yang menggigit rahang yang bergerak melintang, dan sepasang antena kecil. Di dalam kepala sepasang kelenjar ludah bentuk organ penghasil sutra, dan proyek saluran mereka dalam tabung, alat pemintal, di belakang rahang. Cairan disekresi oleh kelenjar melewati alat pemintal dan mengeras di udara untuk membentuk benang sutra. Ulat menggunakan ini untuk menempelkan dirinya sendiri ketika berjalan di sebuah mensekresi, permukaan licin jejak zigzag benang yang menempel pada permukaan dan dapat dicengkeram oleh kaki. Mata ocelli sederhana, tiga di setiap sisi. Mereka terdiri dari lensa tunggal dengan cahaya-sensitif sel di bawahnya. Sangat mungkin bahwa mereka dapat mendeteksi hanya perbedaan antara terang dan gelap dan tidak dapat           membentuk     gambar.

            Tiga pertama segmen tubuh sesuai dengan dada orang dewasa dan sepuluh sisanya menjadi bagian perutnya. Ada ventilator di kedua sisi segmen toraks pertama dan delapan pertama segmen perut. Setiap segmen toraks menanggung sepasang bersendi "benar" kaki dengan cakar di akhir. Ini sesuai dengan kaki orang dewasa. Yang ketiga untuk segmen keenam perut beruang sepasang unjointed, proyeksi berdaging dengan deretan kait kecil di akhir. Ini disebut proleg dan tidak hadir pada orang dewasa. Segmen terakhir beruang sepasang claspers mirip dengan proleg.
.
            Ketika telah mencapai ukuran penuh ulat daun kubis dan tanaman bermigrasi ke tempat yang kering terlindung seperti dinding atau pohon. Ini menempel secara vertikal pada bagian paling atas kepala, dan dada menempel untuk itu dengan berputar korset sutra. Its tubuh lebih pendek dan membengkak di daerah dada, membelah kutikula larva terakhir menuruni kembali setelah sekitar dua hari. Dengan kontraksi ritmis dari tubuh itu mendorong dari kutikula lama. Pada segmen terakhir telah membentuk kelompok kait, cremaster, dan ketika kutikula adalah gudang jangkar kait ke pad sutra ulat yang sebelumnya berputar.Apa yang muncul dari ini ecdysis larva terakhir ini disebut pupa, atau chrysalis Hal ini pucat dan lembut pada awalnya, tetapi mengeras dan menggelapkan, sering kurang cocok dengan warna latar belakang. Dari penampilan pupa jelas bahwa sebelum akhir rontok, perubahan ekstensif telah terjadi, karena garis besar dari kaki orang dewasa, moncong pendek, mata dan
sayap   dapat   dilihat  pada    kutikulanya.

            Selama dua atau tiga minggu mendatang pupa tetap lebih atau kurang bergerak, tapi di dalamnya organ larva sedang dicerna pergi dan sel yang tetap aktif mulai berkembang biak dan menimbulkan organ dewasa. Pada akhir periode ini kulit kepompong perpecahan di punggung dan serangga dewasa menarik sendiri keluar dari kulit. Sayap kusut dan dilipat pada tahap ini, tetapi darah dipaksa mereka menuruni "urat" dan mereka memperluas dan akhirnya            mengeras         dan      kering.

            Tubuh imago terdiri dari dada, kepala yang berbeda dan perut. Tidak ada kaki pada perut, tetapi melekat pada thorax adalah dua pasang sayap dan tiga pasang kaki. Di kepala dua besar, mata majemuk yang terdiri dari sekitar enam ribu lensa terpisah dengan sel-sel peka cahaya di bawah mereka. Mata majemuk diperkirakan untuk membentuk gambar yang cukup berbeda dari objek dekat dan         sangat  sensitif terhadap          gerakan.

            Di kepala ada dua antena panjang yang menanggung organ penciuman. Dalam pengertian ini ngengat sangat akut, tetapi dalam kupu-kupu itu kurang penting, mungkin karena hari-terbang mereka kebiasaan.Bekantan terdiri dari dua proses yang panjang, beralur sepanjang permukaan batin mereka sehingga ketika mereka ditempatkan bersama-sama mereka membentuk tabung melalui mana nektar dari bunga dapat disedot. Bila tidak digunakan            belalai  akan     digulung          kebawah          kepala.

            Dua pasang sayap di dada adalah luas dan didukung oleh jaringan "urat". Mereka tertutup dengan sisik kecil yang memberikan pola karakteristik dan warna sayap, sebagian dengan cara mereka mencerminkan dan menyerap cahaya sesuai dengan sudut mereka, tetapi sebagian besar karena pigmen yang dikandungnya. Kedepan-sayap tumpang tindih belakang-sayap, sehingga dalam penerbangan kedua pasangan bergerak bersama-sama. Kupu-kupu beristirahat sayap mereka sering mengadakan vertikal di atas tubuh mereka, sementara sisanya kebanyakan            ngengat           dengan                        sayap   terentang.

            Kaki terdiri dari sembilan segmen: dua yang pertama, coxa dan trokanter sangat pendek, dua berikutnya, femur dan tibia yang panjang, dan ada lima sendi pendek di kaki atau tarsus. Pada beberapa spesies pasangan terakhir dari kaki beruang organ rasa di tarsi, dan kupu-kupu akan mengorak belalainya jika kaki dicelupkan ke dalam larutan gula atau jus buah.Dada ditutupi dengan "rambut" atau setae. Ini adalah hadir pada tubuh semua serangga. Dalam struktur mereka cukup berbeda dengan rambut mamalia dan mereka memiliki organ sensitif       dari            sentuhan          di         basis    mereka.

            Kupu-kupu dewasa tertarik pada bunga dengan penglihatan mereka dan bau, mereka makan dengan cara menghisap nektar dari nectaries melalui belalai panjang. Kupu-kupu yang diyakini dapat membedakan warna, tetapi tidak semua spesies sama-sama sensitif terhadap warna yang sama. Mata besar berwarna putih yang sangat sensitif terhadap warna merah dan ungu.Laki-laki biasanya tertarik pada perempuan dengan aroma yang ia memancarkan. Dia berdebar bulat dan merangsang dengan aroma nya yang berasal dari daerah kelenjar tertentu di bawah sisik pada sayap. Dia mencengkeram wanita dengan claspers pada akhir perut dan melewati saluran telur nya sperma ke dalam. Setelah itu dia akan meletakkan telur yang dibuahi               pada    tanaman           makanan          larva.

Mungkin ada dua atau lebih merenung selama musim. Orang dewasa tidak bertahan musim dingin tetapi kepompong penetasan induk terakhir dari telur pada musim gugur dapat melakukannya, di mana kasus pupation berlangsung beberapa bulan sampai Mei berikut.
Kupu-kupu pada umumnya.

            Sering, telur tidak diletakkan dalam batch, tapi sendiri-sendiri, meskipun hampir selalu pada tanaman makanan ulat. Beberapa kupu-kupu mereka menyebarkan telur secara acak atas padang rumput sementara di penerbangan. Banyak ulat, makan hanya satu spesies atau keluarga tanaman sementara yang lain bisa berada pada berbagai macam makanan. Sekitar separuh spesies Inggris kepompong seperti yang dijelaskan dalam rekening atas putih besar, tetapi sebagian besar lainnya menjadi kepompong menggantung ke bawah kepala dari cremaster, dan sebuah kepompong sutra berputar beberapa putaran sendiri sebelum ecdysis larva   terakhir.

            Di musim dingin sebagian besar kupu-kupu hibernate menjadi ulat, atau sebagai kepompong, beberapa sebagai telur, dan beberapa sebagai orang dewasa. namun sebagian besar kupu - kupu keluar menjadi dewasa pada saat musim panas dimulai dan bersembunyi ketika musim dingin atau musim hujan.


FISIKA
MEMBUAT
MAKALAH METODE GERAK DALAM ANALISIS VEKTOR

                          






Metode Gerak dalam analisis vektor
1. Gerak Lurus

A. Gerak lurus beraturan
            Suatu benda dikatakan melakukan
gerak lurus beraturan jika kecepatannya selalu konstan. Kecepatan konstan artinya besar kecepatan alias kelajuan dan arah kecepatan selalu konstan. Karena besar kecepatan alias kelajuan dan arah kecepatan selalu konstan maka bisa dikatakan bahwa benda bergerak pada lintasan lurus dengan kelajuan konstan.
Grafik Gerak lurus beraturan ...
Grafik sangat membantu kita dalam menafsirkan suatu hal dengan mudah dan cepat. Untuk memudahkan kita menemukan hubungan antara Kecepatan, perpindahan dan waktu tempuh maka akan sangat membantu jika digambarkan grafik hubungan ketiga komponen tersebut.


 
                                         
Gambar 1                                                                   Gambar 2

Grafik kecepatan terhadap waktu ( Gambar 1 )
Berdasarkan grafik di atas, tampak bahwa besar kecepatan bernilai tetap pada tiap satuan waktu. Besar kecepatan tetap ditandai oleh garis lurus, berawal dari t = 0 hingga t akhir.

Grafik perpindahan terhadap waktu ( Gambar 2 )
Grafik posisi terhadap waktu, di mana posisi awal x0 berhimpit dengan titik acuan nol.

B. Gerak lurus berubah beraturan
            Suatu benda dikatakan melakukan
gerak lurus berubah beraturan (GLBB) jika percepatannya selalu konstan. Percepatan merupakan besaran vektor (besaran yang mempunyai besar dan arah). Percepatan konstan berarti besar dan arah percepatan selalu konstan setiap saat. Walaupun besar percepatan suatu benda selalu konstan tetapi jika arah percepatan selalu berubah maka percepatan benda tidak konstan. Demikian juga sebaliknya jika arah percepatan suatu benda selalu konstan tetapi besar percepatan selalu berubah maka percepatan benda tidak konstan.




dengan arti dan satuan dalam SI:
* v0 = kecepatan mula-mula (m/s)
* a = percepatan (m/s2)
* t = waktu (s)

2. Gerak melingkar
            Dalam gerak lurus mengenal tiga besaran utama yaitu perpindahan (linear), kecepatan (linear) dan Percepatan (linear). Gerak melingkar juga memiliki tiga komponen tersebut, yaitu perpindahan sudut, kecepatan sudut dan percepatan sudut. Pada gerak lurus juga mengenal Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan. Dalam gerak melingkar juga terdapat Gerak Melingkar Beraturan (GMB) dan Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB).
* Perpindahan Sudut
            Ada tiga cara menghitung sudut. Cara pertama adalah menghitung sudut dalam derajat (o). Satu lingkaran penuh sama dengan 360o. Cara kedua adalah mengukur sudut dalam putaran. Satu lingkaran penuh sama dengan satu putaran. Dengan demikian, satu putaran = 360o. Cara ketiga adalah dengan radian. Radian adalah satuan Sistem Internasional (SI) untuk perpindahan sudut, sehingga satuan ini akan sering kita gunakan dalam perhitungan.
*Kecepatan Sudut
            Dalam gerak melingkar, bagian yang berbeda memiliki kecepatan yang berbeda. Misalnya gerak roda yang berputar. Bagian roda yang dekat dengan poros bergerak dengan kecepatan linear yang lebih kecil, sedangkan bagian yang jauh dari poros alias pusat roda bergerak dengan kecepatan linear yang lebih besar
            Pada gerak melingkar, kelajuan rotasi benda dinyatakan dengan putaran per menit (biasa disingkat rpmrevolution per minute). Kelajuan yang dinyatakan dengan satuan rpm adalah kelajuan sudut. Dalam gerak melingkar, kita juga dapat menyatakan arah putaran. misalnya kita menggunakan arah putaran jarum jam sebagai patokan. Oleh karena itu, kita dapat menyatakan kecepatan sudut, di mana selain menyatakan kelajuan sudut, juga menyatakan arahnya (ingat perbedaan kelajuan dan kecepatan, mengenai hal ini sudah Gurumuda terangkan pada Pokok bahasan Kinematika). Jika kecepatan pada gerak lurus disebut kecepatan linear (benda bergerak pada lintasan lurus), maka kecepatan pada gerak melingkar disebut kecepatan sudut, karena benda bergerak melalui sudut tertentu.
Terdapat dua jenis kecepatan pada Gerak Lurus, yakni kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat. Kita dapat mengetahui kecepatan rata-rata pada Gerak Lurus dengan membandingkan besarnya perpindahan yang ditempuh oleh benda dan waktu yang dibutuhkan benda untuk bergerak . Nah, pada gerak melingkar, kita dapat menghitung kecepatan sudut rata-rata dengan membandingkan perpindahan sudut dengan selang waktu yang dibutuhkan ketika benda berputar. Secara matematis kita tulis :



Kecepatan sudut sesaat kita diperoleh dengan membandingkan perpindahan sudut dengan selang waktu yang sangat singkat. Secara matematis kita tulis :



Sesuai dengan kesepakatan ilmiah, jika ditulis kecepatan sudut maka yang dimaksud adalah kecepatan sudut sesaat. Kecepatan sudut termasuk besaran vektor. Vektor kecepatan sudut hanya memiliki dua arah (searah dengan putaran jarum jam atau berlawanan arah dengan putaran jarum jam), dengan demikian notasi vektor omega dapat ditulis dengan huruf miring dan cukup dengan memberi tanda positif atau negatif. Jika pada Gerak Lurus arah kecepatan sama dengan arah perpindahan, maka pada Gerak Melingkar, arah kecepatan sudut sama dengan arah perpindahan sudut.
*Percepatan Sudut
Dalam gerak melingkar, terdapat percepatan sudut apabila ada perubahan kecepatan sudut. Percepatan sudut terdiri dari percepatan sudut sesaat dan percepatan sudut rata-rata. Percepatan sudut rata-rata diperoleh dengan membandingkan perubahan kecepatan sudut dan selang waktu. Secara matematis ditulis :


Percepatan sudut sesaat diperoleh dengan membandingkan perubahan sudut dengan selang waktu yang sangat singkat. Secara matematis ditulis :

3 .Gerak lurus dan gerak melingkar
            Dalam gerak melingkar, arah kecepatan linear dan percepatan linear selalu menyinggung lingkaran. Karenanya, dalam gerak melingkar, kecepatan linear dikenal juga sebagai kecepatan tangensial dan percepatan linear disebut juga sebagai percepatan tangensial.

4. Gerak parabola (gerak peluru)
Gerak peluru merupakan suatu jenis gerakan benda yang pada awalnya diberi kecepatan awal lalu menempuh lintasan yang arahnya sepenuhnya dipengaruhi oleh gravitasi.
            Karena gerak peluru termasuk dalam pokok bahasan kinematika (ilmu fisika yang membahas tentang gerak benda tanpa mempersoalkan penyebabnya), maka pada pembahasan ini, Gaya sebagai penyebab gerakan benda diabaikan, demikian juga gaya gesekan udara yang menghambat gerak benda. Kita hanya meninjau gerakan benda tersebut setelah diberikan kecepatan awal dan bergerak dalam lintasan melengkung di mana hanya terdapat pengaruh gravitasi.Mengapa dikatakan gerak peluru ? kata peluru yang dimaksudkan di sini hanya istilah, bukan peluru pistol, senapan atau senjata lainnya. Dinamakan gerak peluru karena mungkin jenis gerakan ini mirip gerakan peluru yang ditembakkan.

KIMIA
MEMBUAT
MAKALAH TEORI ATOM DALTON









Teori Atom John Dalton. John Dalton, bapak teori atom modern, mengembangkan teori atom pada awal abad kesembilan belas. Menurut dia, semua unsur terbuat dari atom dan kemurnian dari sebuah unsur dikaitkan dengan kehadiran atom serupa.
Meskipun teori-teori awal tentang atom yang diusulkan oleh Democritus dan Aristoteles, teori pertama diterima diusulkan oleh John Dalton. John Dalton (1766 – 1844), seorang ahli kimia Inggris, fisikawan, dan meteorologi, dihormati terutama karena kontribusinya untuk teori atom modern dan buta warna. Itu adalah studi penelitian tentang sifat atmosfer dan gas pada tahun 1803, yang membuatnya menyadari tentang partikel (kemudian disebut atom) dan beratnya.
Pekerjaan awal John Dalton
John Dalton memiliki minat yang kuat dalam meteorologi, dan melakukan studi ekstensif tentang sifat gas atmosfer. Dia menemukan pembentukan senyawa dengan menggabungkan oksigen dan karbon dioksida. Kemudian, John Dalton menerbitkan tabel pertama pada berat atom relatif yang mencakup enam unsur, yaitu, hidrogen, oksigen, karbon, nitrogen, fosfor, dan sulfur. Dia menyatakan berat atom hidrogen menjadi 1. Itu tidak dikonfirmasi tentang bagaimana bobot atom berasal .
Dalam buku catatan laboratorium Dalton (tanggal September 1803), ia menunjukkan bahwa bobot relatif dari unsur gas dapat diketahui dari studi senyawa lain, seperti air, karbon dioksida, dan amonia. Dalam buku catatannya, unsur diwakili oleh simbol. Dia adalah orang pertama yang mengusulkan gagasan untuk mengidentifikasi suatu elemen dengan simbolnya. Banyak kemudian, unsur mulai diwakili oleh singkatan mereka. Misalnya, ‘H’ adalah singkatan dari unsur hidrogen. Makalah penelitian yang sama diterbitkan pada tahun 1805.

Teori Atom oleh John Dalton                 
Keberadaan atom telah disebut oleh banyak perintis lainnya sebelum John Dalton sebenarnya mengemukakan teori atom. Namun, tidak ada penjelasan pada bagian berat atom. Sesuai dengan ceramah yang diberikan oleh John Dalton pada tahun 1803 di Royal Institution (London), atom salah satu unsur berbeda dari orang lain dengan unsur berat relatif mereka. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang diusulkan oleh John Dalton dalam teori atom.
Semua unsur terbuat dari partikel-partikel kecil yang tak terpisahkan, yang dikenal sebagai atom.Atom dari unsur yang sama adalah identik sehubungan dengan ukuran, berat, dan sifat.Atom dari unsur yang berbeda satu sama lain dan dapat diidentifikasi dengan berat relatif mereka.Atom tidak dapat dibagi menjadi partikel yang lebih kecil atau dihancurkan.Reaksi kimia terjadi karena penataan ulang, kombinasi, atau pemisahan atom.Atom bergabung dalam rasio bilangan bulat seperti 1:1, 1:2, 2:3, dll. Atom-atom dari dua atau lebih elemen yang berbeda bergabung bersama untuk membentuk senyawa kimia
Teori Atom Dalton Berdasarkan pemikiran bahwa konsep atom Democritus sesuai dengan Hukum Kekekalan Massa (berbunyi: massa zat sebelum dan sesudah reaksi sama) dan Hukum Perbandingan Tetap (berbunyi: perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa adalah tetap dan tertentu), maka John Dalton tahun 1803 merumuskan 5 teori atom sebagai berikut.
a. Materi tersusun atas partikel-partikel terkecil yang disebut atom.
b. Atom-atom penyusun unsur bersifat identik (sama dan sejenis).
c. Atom suatu unsur tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain.
d. Senyawa tersusun atas 2 jenis atom atau lebih dengan perbandingan tetap dan tertentu.
e. Pada reaksi kimia terjadi penataulangan atom-atom yang bereaksi. Reaksi kimia terjadi karena pemisahan atom-atom dalam senyawa untuk kemudian bergabung kembali membentuk senyawa baru.



   

Variasi atom dan molekul model Dalton.

Pada 1808, John Dalton menerbitkan daftar unsur bersama dengan berat atomnya dalam ‘New System of Chemical Philosophy’, di mana dia menerima Royal Medal pada tahun 1826. Ia menyebut massa unsur sebagai berat. Sejak itu, ahli kimia menggunakan baik ‘berat atom’ atau ‘massa atom’. Terlepas dari kenyataan bahwa ada beberapa kelemahan dalam pekerjaannya (misalnya, ia menetapkan berat atom oksigen sebagai 7), John Dalton adalah pelopor yang telah memberikan pandangan terobosan di untuk percobaan berikutnya.
Dalam rangka untuk menghormati karyanya, para ilmuwan disebut satu satuan massa atom sebagai ‘Dalton’ (disingkat Da) selama bertahun-tahun. Pada tahun 1886, Eugen Goldstein, seorang fisikawan Jerman, menemukan partikel bermuatan positif dalam atom. Kemudian, JJ Thomson, seorang fisikawan Inggris, menemukan elektron dengan menggunakan tabung sinar katoda pada tahun 1897. Dalam bertentangan dengan asumsi John Dalton bahwa atom tidak dapat dipisahkan, ia menyarankan bahwa atom terdiri dari partikel yang           lebih    kecil.
Pada tahun 1911, Rutherford, seorang mahasiswa Thomson, mengemukakan pandangan bahwa atom terdiri dari inti positif padat di pusat (inti), dikelilingi oleh elektron. Dia bernama partikel positif dalam inti sebagai proton, dan menyatakan bahwa proton yang lebih besar daripada elektron dan membawa muatan sama dan berlawanan dengan elektron. Pada tahun 1932, James Chadwick menemukan partikel netral dalam atom dan menamakannya sebagai neutron.
Dalam model atom John Dalton, konsep isotop dari suatu unsur tidak disebutkan. Mereka mewakili berbagai jenis atom suatu unsur, yang memiliki massa atom yang berbeda namun memiliki sifat yang mirip. Juga, bertentangan dengan apa yang telah dinyatakan sebelumnya Dalton, menghancurkan atom adalah mungkin dengan bantuan reaksi nuklir. Dengan cara ini, teori atom modern diuraikan beberapa tahun kemudian.
Kelebihan Teori Atom Dalton  
  1. Dapat menerangkan Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier).
  2. Dapat menerangkan Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust).
Kelemahan Teori Atom Dalton

Dalam perkembangannya tidak semua teori atom Dalton benar, karena pada tahun 1897 J.J.Thomson menemukan partikel bermuatan listrik negatif yang kemudian disebut elektron. Tahun 1886 Eugene Goldstein menemukan partikel bermuatan listrik positif yang kemudian disebut proton. Dan tahun 1932 James Chadwick berhasil menemukan neutron.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar